Metro

Kawasan Tertib Merokok


MAKASSAR, BKM — Lorong-lorong di RW 4 Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo kini menjadi kawasan tertib merokok.
Masyarakat yang bermukim disana tidak diperkenankan untuk merokok didalam rumah. Mereka (perokok) hanya boleh merokok diluar rumah, itu pun juga ditentukan tempat.
Sedikitnya ada dua titik atau posko yang dimana masyarakat bebas merokok yang dipersiapkan khusus bagi masyarakat yang pecandu rokok yakni di Jalan Indah III dan Jalan Bersih RW 4.
Posko tersebut, bukan hanya sebagai tempat merokok namun juga sebagai wadah silaturrahmi sesama warga.
“Jadi intinya itu, masyarakat tidak boleh merokok dalam rumah, kalau mereka mau merokok harus diluar rumah yang telah ditentukan tempatnya (posko),” kata Lurah Pannampu Abd. Muis saat mengunjungi kawasan tersebut, Rabu (6/1)
Konsep itu lahir mengingat kawasan atau lorong tersebut dulu tidak tertata dengan rapi, indah dan bersih. Belum lagi masyarakat disana kurang diberdayaan.
Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Kota Makassar, Tenri A. Palallo mengaku berinisiatif mengambil peran terhadap pemberdayaan masyarakat disana.
Berawal dari lingkungan yang jorok kemudian ditata menjadi lorong hijau, indah, bersih dan produktif sampai kepada kawasan tertib merokok sebagai bentuk pemberberyaan masyarakat.”Jadi disana kita mulai dari perubahan mindset masyarakat dan penataan lingkungan bersih,” kata Tenri A.Palallo.
Saat ini, pihaknya lagi menggenjot pola hidup bersih dan sehat masyarakat dengan menjaga kesehatan masyarakat melalui kawasan tertib merokok.
“Kita tingkatkan lagi pemberdayaan masyarakat disana. Pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat itu yang sangat penting,” Tambah Tenri.(man-jun/war/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.