Connect with us

Olahraga

Pembalap Wanita Pertama F1 Wafat

-

ROMA, BKM- Maria Teresa de Filippis, tutup usia. Pembalap wanita pertama yang berlaga di Formula One (F1), wafat Sabtu 9 Januari 2016. Maria, seperti dikutip AutoSport, meninggal di usia yang ke-89. Penyebabnya adalah karena sakit.
Sosok Maria memang terbilang fenomenal di dunia F1. Mulai mengaspal di musim 1958 bersama tim Maserati, Maria banyak mendapat komentar bernada negatif dari berbagai pihak, tak termasuk rekan-rekannya di F1.
“Direktur balapan bahkan bilang ‘satu-satunya helm yang seharusnya dipakai oleh wanita adalah helm di salon’. Itu adalah komentar terakhir yang membuat saya diremehkan dari dunia balap,” kata Maria saat diwawancarai oleh The Observer, 2006 silam.
“Setelahnya, saya tak mendapatkan lagi berbagai komentar miring. Cuma kejutan yang datang atas kesuksesan saya,” lanjutnya.
Karir Maria memang terbilang ciamik. Di musim 1959, Maria berhasil finis di posisi 10 klasemen akhir. Sayangnya, itu menjadi musim terakhir Maria membalap.
Wanita asal Italia tersebut memutuskan pensiun karena pada musim itu banyak kecelakaan di atas lintasan dan merenggut korban jiwa, termasuk kepala tim Porsche, Jean Behra. (bs/cha)

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini