Connect with us

Metro

Danny Rancang Proyek PK5 Center

-

MAKASSAR, BKM — Pedagang Kaki Lima (PK5) bakal tersenyum lebar. Wali Kota Makassar, Romdhan Pomanto akan membebaskan PK5 berjualan di Kota Makassar.

Sebelum berjualan, Danny sapaan akrabnya terlebih dulu akan melokalisasi PK5 dalam suatu kawasan yang strategis dalam Kota Makassar yang dinamakan PK5 Center.
Untuk menampung sekitar 1.500 pedagang kaki lima, Danny menargetkan lima titik lokasi strategis yang ditempatkan di dalam Kota Makassar untuk disulap menjadi kawasan PK5 Center.
“Proyek ini akan segera dijalankan di pertengahan tahun ini. Proyek ini juga masuk dalam proyek pencanangan tahun Infrastruktur,” jelas Danny, di ruang kerjanya, Selasa (19/1).
Untuk saat ini, ujar wali kota berlatar belakang arsitek itu, pihaknya telah menyediakan tiga titik lokasi kawasan PK5 Center yakni di Pantai Losari, Al Markaz dan sekitar Lapangan Karebosi.”Saya menargetkan lima titik lokasi untuk menampung seluruh PK5. Jadi, dua lokasi lagi kami masih cari dan merancangnya,” katanya.
Ia bahkan menargetkan, PK5 Center akan selesai paling lambat tanggal 17 Agustus mendatang. Danny ingin melihat setidaknya satu kawasan PK5 Center sudah ada yang rampung.
Sementara untuk PK5 yang ingin masuk berjualan di kawasan PK5 Center, Danny tidak memungut pembayaran, khususnya ke PK5 yang terdaftar.
“Meski tidak ada dikenakan biaya lokasi, tidak menutup kemungkinan tetap ada retribusi kebersihan dan operasional. Tapi, kita belum membahasnya sampai ke sana, karena kita masih fakus untuk lokasi dulu,” ujarnya.
Untuk merealisasikan rencana tersebut, wali kota mengaku setidaknya harus menyiapkan anggaran kurang lebih sekitar Rp35 miliar. Anggaran itu digunakan untuk membuat kawasan terpadu serta kegiatan Pariwisata di lokasi PK5 center.
“Dengan adanya proyek tersebut, persoalan PK5 yang hampir memenuhi seluruh sudut kota Makassar, dapat lebih tertata lagi. Kami juga sudah merancang kerjasama dengan perbankan untuk melakukan penjaminan oleh pemkot,” tukasnya.
Lebih jauh jelas Danny, keinginannya untuk membuat kawasan PK5 Center, karena saat Wakil Presiden RI, Muh Jusuf Kalla ke Kota Makassar, Wapres sempat menyatakan keprihatinan atas kondisi semrawut yang terjadi di sekitaran masjid Al Markaz Al Islami. Kondisi semrawut disebabkan banyaknya PK5 yang menggelar dagangan tidak tertata rapi.(arf/b)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini