Connect with us

Headline

BBJPN Mulai Lakukan Pengukuran

Untuk Tahap Awal Bypass Mamminasata

-

MAKASSAR, BKM — Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah VI mulai melakukan pengukuran di lokasi yang akan dirintis untuk jalan bypass Mamminasata.
Kepala Satuan Kerja (Satker) Jalan Metropolitan BBPJN Rahman Jamil menjelaskan, pihaknya mulai melakukan pengukuran sejak Selasa (19/1). Titik awal lokasi yang diukur terletak di Kabupaten Maros, tepatnya di lahan yang sudah dibebaskan. Lokasi itu nantinya menjadi tempat awal pembangunan jalan bypass Mamminasata.
“Kami mulai melakukan pengukuran awal. Titik mulainya di Kabupaten Maros yang sudah dibebaskan,” kata Rahman Jamil kepada BKM via telepon, Rabu (20/1).
Dia melanjutkan, untuk tahap awal, jalan yang akan dikerjakan sepanjang 13 km. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel untuk mengetahui penyelesaian pembebasan lahan yang terus berproses hingga saat ini.
Seharusnya, untuk proyek bypass Mamminasata, sudah ada pekerjaan fisik di lapangan. Apalagi BBPJN VI sudah menandatangani kontrak kerja dengan kontraktor pemenang tender pada akhir November 2015, bersamaan dengan penandatanganan kontrak kerja underpass simpang lima.
Hingga 31 Desember 2015 lalu, BBPJN sudah kucurkan dana sebesar Rp70,2 miliar untuk pembebasan lahan. Anggaran itu dipersiapkan untuk membebaskan sekitar 200 bidang lahan.
Total yang akan dibebaskan tahap pertama sepanjang 13 km sekitar 500 bidang. Lahan tersebut tersebar di lima kecamatan, enam kelurahan dan dua desa.
Tahap pertama ditargetkan bisa rampung hingga tahun 2018 mendatang. Total anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan fisik jalan bypass Mamminasata sebesar Rp245 miliar.
Sebelumnya, Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Latif mengatakan, hingga saat ini masih dalam proses pembebasan lahan. “Kita masih genjot pembebasan lahan. Memang agak lambat prosesnya. Baru dilaksanakan akhir 2015 lalu, padahal jadwal seharusnya Juli,” ungkap Abdul Latif belum lama ini di ruang kerjanya.
Sambil berproses pembebasan lahan, lanjutnya, pengerjaan fisik juga sudah bisa dilaksanakan.
Bypass Mamminasata direncanakan terbangun sepanjang 48,1 kilometer yang menghubungkan Kabupaten Maros, Gowa, Makassar, dan Takalar. (rhm/rus/c)

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini