Connect with us

Kriminal

Buka Cakrawala Berpikir Warga

-

MAKASSAR, BKM — Kapolsek Makassar, Kompol Sudaryanto punya cara tersendiri dalam mencegah tindak kejahatan ditengah masyarakat. Salah satu upaya yang ia lakukan dengan kegiatan dialogis, membuka cakrawala berfikir masyarakat.
Pendekatan preventif itu sampaikan setiap kali mendapat kesempatan diats mimbar ibadah Jumat serta acara rohani di setiap gereja yang ada diwilayah hukumnya.
Memiliki wilayah hukum yang padat penduduk dan tingkat perekonomian menengah ke bawah diakui Kapolsek dapat memicu tindak kriminalitas. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi Kambtimas di sejumlah wilayah rawan kejahatan.
“Awalnya yang kami lakukan itu tidak lain melakukan jalinan silaturahmi kepada tokoh masyarakat. Setelah itu spontanitas saya sendiri yang turun lansung ke rumah warga memperkenalkan diri. Dalam kesempatan itu saya menyampaian bagaimana kepolisian dan masyarakat bisa bersinergi agar tidak terjadi tindakan kriminalitas,” kata Sudaryanto.
Sudaryanto mengakui upaya yang ia lakukan tidak semudah membalikan telapak tangan. Meski begitu, ia tetap optimis, apa yang ia lakukan bisa berdampak positif dalam hal lahirnya suasana kondusif di tengah masyarakat.
“Jadi satu persatu masjid dan rumah warga kami agendakan waktu untuk bertatap muka sambil silaturrahmi sehinggaa jalinan silaturrahmi itu terbangun. Kami berusaha mengambil empati masyarakat, melalui siraman rohani dan ilmu agama,” terang Sudaryanto. (ish-ril/b)

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini