Connect with us

Politik

IPI : Ni’matullah dan La Tinro Patut Diperhitungkan

Amir Incar Ketua Demokrat Sulsel

-

MAKASSAR, BKM–Dua ketua partai besar di Sulsel yakni Ni’matullah yang menjabat sebagai Plt Ketua pelaksana tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel dan La Tinro La Tunrung selaku Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel dinilai sangat pas untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub), baik sebagai Bakal Calon Gubernur ataupun sebagai bakal calon Wakil Gubernur.
“Selaku ketua partai besar dua sosok yaitu Ni’matullah yang juga ketua Demokrat Sulsel dan La Tinro La Tunrung selaku Ketua Gerinda Sulsel patut di perhitungkan di Pilgub Sulsel, sebab keduanya selain pimpinan partai juga merupakan figur yang cukup populer. Apalagi jika target keduanya hanya di posisi cawagub Sulsel tentu sangat rasional dan realistis,”ujar pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, Rabu (20/1).
Menurutnya, untuk melengkapi geopolitik keduanya sangat pas jika membangun komunikasi politik dengan cagub dari daerah selatan karna keduanya berasal dari tengah dan utara. “Dari selatan ada dua figur yang populer dan kuat yaitu Prof Nurdin Abdullah dan Ichsan Yasin Limpo yang cocok bagi pak Ni,matullah dan La Tinro untuk ditemani berduet menuju Pilgub Sulsel,”jelas Suwadi.
Selaku tokoh dari selatan, menurut Suwadi, sosok Prof Nurdin idealnya mencari pendamping dari tengah dan utara. “Tapi idealnya Prof Nurdin harus mengedepankan mekanisme melalui survei, karena yang mengincar pilgub selain Ni,matullah, La Tinro, juga ada juga nama lain seperti Tanribali Lamo, Ashabul Kahfi, Husain Abdullah, Burhanuddin Andi, Andi Ridwan Wittiri, Andi Aslan Patonangi hingga Andi Yagkin Padjalangi.
Sementara itu, posisi Ni’matullah dan La Tinro tak aman memimpin bila mengurungkan niatnya untuk bertarung di Pilgub. Untuk Demokrat sendiri posisi Ni’matullah masih rawan bila menyatakan tak siap maju di Pilgub.
Ketua Demokrat Maros, H Amirullah Nur bahkan intens melakukan konsolidasi untuk maju menjadi ketua Demokrat Sulsel pada Musda Februari mendatang.
Amirullah mengatakan saat ini dirinya sudah mendapatkan sedikitnya tujuh dukungan DPC.
Ia melanjutkan, sesuai pesan Ketua Demokrat Sulsel non aktif Ilham Arief Sirajuddin menilai banyak calon yang ingin merebut kursi ketua untuk dijadikan kendaraan politik jelang Pilgub nanti. “Ada juga calon yang orientasinya untuk kendaraan pilgub nantinya, hal inilah yang kita antisipasi, Pak SBY menegaskan jangan sampai hal ini terjadi, kalau hanya orientasi kendaraan untuk pilgub maka setelah pilgub bisa saja Demokrat ditinggalkan, inilah yang menjadi alasan mengapa harus kader yang jadi ketua”ujar Amir. (ari-jun/rif/b)

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini