Connect with us

Headline

Jalan Altenatif ke Bandara Rampung Sebelum Musim Haji

-

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulsel terus menggenjot pengerjaan jalan alternatif yang menghubungkan Asrama Haji Sudiang menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang menginstruksikan kepada Dinas Bina Marga agar menyelesaikan akses jalan tersebut sebelum musim haji tahun ini agar calon jamaah haji sudah bisa menggunakannya.
“Kami berharap proyek tersebut bisa rampung paling lambat Juli mendatang,” kata Agus di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (21/1).
Dia melanjutkan, sejauh ini, pekerjaan fisik sementara berlangsung. Masih ada satu lahan yang belum selesai pembebasannya namun secepatnya akan diselesaikan.
Proyek ini menelan anggaran Rp7 miliar. Sebanyak Rp3,5 miliar dialokasikan untuk pembebasan lahan dan Rp3,5 miliar untuk fisik.
Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Amin Yakob menjelaskan pihaknya harus melakukan tender ulang untuk melanjutkan pekerjaan jalan tersebut.
“Tender ulang kita lakukan Januari ini,” jelas Amin.
Dia berjanji untuk menyelesaikan proyek tersebut secepatnya. Apalagi pekerjaan underpass sudah dalam tahap pengerjaan. Otomatis jalan menuju ke Bandara akan macet selama pengerjaan proyek tersebut.
Kabid Pembangunan Dinas Bina Marga, Haikal Hasan melanjutkan, jalan yang akan dibuat selebar delapan meter. Terdiri atas 100 meter konstruksi rigid beton. Sisanya sepanjang 150 meter hanya aspal.
Jika akses jalan tersebut rampung diharapkan jamaah haji yang menuju dan dari Bandara Sultan Hasanuddin tidak perlu lagi melewati simpang lima yang kerap macet. Selain itu, akses menuju bandara juga akan semakin dekat.
Total pekerjaan jalan yang sudah rampung saat ini sepanjang 350 meter. Jalan sudah digali hingga ke pagar bandara. Sisa menunggu pihak PLN untuk memindahkan tiang listrik. Setelah itu, pekerjaan lantai dasar beton dikerjakan. (rhm/war/c)

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini