Politik

ARW Butuh Tambahan 12 Kursi


La Tinro Butuh 6 Kursi

MAKASSAR, BKM–Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulsel, Rudi Pieter Goni (RPG) tetap konsisten mendukung Ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri (ARW) sebagai kandidat Gubernur Sulsel jelang Pilgub 2018 mendatang.
“Sebagai kader, kami tentu konsisten mendukung pak Ketua untuk maju di Pilgub nanti. Tidak ada keraguan untuk mendukung pak ARW maju di Pilgub,”ujar RPG usai menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Sulsel, Kamis (25/2).
Terkait isyarat ARW yang mempersilahkan saudara sepupunya yakni Burhanuddin Andi untuk maju di Pilgub, RPG mengaku tidak ingin menanggapinya. “Saya hanya ingin berkomentar soal dukungan kepada pak ARW,”jelas RPG yang juga Wakil Ketua Komisi D DPRD Sulsel ini.
Di DPRD Sulsel, PDIP mengontrol 5 kursi, sehingga butuh berkoalisi dengan sejumlah partai agar dapat mengumpulkan minimal 17 kursi sebagai syarat untuk mengusung di Pilgub. “PDIP butuh tambahan minimal 12 kursi untuk mencukupkan koalisi,”ujar pemerhati politik dari Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir.
Menurut Suwadi, Meski kursi PDIP hanya 5, namun diyakini bila mantan anggota DPR RI tersebut mampu mencari tambahan kursi di koalisi. “Apalagi PDIP merupakan parpol yang saat ini berkuasa berpotensi mengajak Nasdem yang mengontrol 7 kursi, PKB 3 kursi, Hanura 6 kursi dan PKPI 1 kursi. “Jika koalisi ini terbangun, maka semakin kuat dengan 22 kursi di parlemen,”jelasnya. Sementara itu, ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, La Tinro La Tunrung jika ingin maju tentu membutuhkan tambahan minimal 6 kursi, lantaran Gerindra hanya memiliki 11 kursi di parlemen.
Adapun PKS yang juga ingin mendukung Tamsil Linrung dan Akmal Pasluddin di Pilgub harus membutuhkan koalisi atau dukungan 11 kursi, karena PKS hanya mengontrol 6 kursi.
Menurut Ketua DPW PKS Sulsle Mallarangan Tutu, Tamsil dan Akmal sudah sangat pantas masuk bursa calon gubernur. “Tidak mesti nasional, namun untuk peluang saat ini ada Tamsil dan Akmal,”ujar Mallarangan. (ita/rif/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.