Olahraga

Sharapova dan Jeratan Kasus Doping Atlet Rusia


RUSIA, BKM – Maria Sharapova seolah menjadi gong kasus-kasus doping yang melanda atlet Rusia. Rusia bahkan sudah lebih dulu terancam tak bisa mengirimkan pasukan atletik pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.
Sharapova membuat pengumuman mengejutkan dalam konferensi pers di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (7/3) waktu setempat. Petenis Rusia itu mengatakan dirinya tak lolos tes doping meldonium usai menjalani babak perempatfinal Australia Terbuka 2016.
Sebelum Sharpova sejumlah atlet Rusia lain sudah terjerat kasus serupa. Rupanya meldonium adalah zat yang lumrah dikonsumsi oleh para atlet Rusia.
Malah, tak hanya meldonium. Assosiated Press melaporkan Rusia sudah menjadi negara dengan kejahatan sistemik doping. Federasi Atletik Dunia (IAAF) sampai memberikan sanksi kepada Federasi Atletik Rusia (ARAF) dengan melarang mengikuti seluruh kejuaraan level apapun sejak 13 November 2015.
Sanksi itu merupakan rekomendasi dari taskforce bentukan WADA (Badan Antidoping Dunia). Tak hanya beberapa atlet atletik Rusia yang terbukti mengonsumsi doping, kasus leih besar dibuat ARAF.
Mereka terbukti menyuap mantan presiden IAAF Lamine Diack untuk membebeaskan beberapa atlet Rusia dari skorsing doping sebelum Olimpiade 2012. Ada aliran dana sebesar 720 ribu poundsterling atau sekitar Rp 13,3 miliar dalam kasus itu.
WADA juga menemukan kalau Badan Antidoping Rusia (RUSADA) membocorkan jadwal tes doping kepada atletnya. Sebuah investigasi yang dilakukan oleh televisi Jerman (ARD) yang dikemas dalam film dokumenter membeberkan kalau pelatih Rusia yang terkena sanksi doping Vladimir Mokhnev masih melatih atlet-atlet Rusia.
“Taskforce WADA menemukan bahwa penggunakaan doping di Rusia sudah sangat kompleks. Kami merekomendasikan agar Rusia dilarang mengikuti semua kompetisi termasuk Olimpiade tahun depan. Rusia bisa ikut berkompetisi asalkan mereka mau bekerja sama dan membongkar semua kecurangan itu.” Begitulah pengumuman WADA kala itu. (bs/cha)

Komentar Anda





Comments
To Top
.