Kriminal

Aksi Maling Kotak Amal Terekam CCTV


MAKASSAR, BKM — Isi kotak amal Masjid Jami’ul Ihsan Jalan Toddopuli Raya Utara senilai Rp3 juta, raib digondol maling. Pihak panitia masjid pun telah melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Panakkukang.
Kapolsek Panakkukang, Kompol Jamal Fathur Rahman melalui Kasi Humas Polsek Panakkukang, Bripka Ahmad Halim, membenarkan laporan tersebut. Kata dia, aksi pelaku terekam kamera CCTV masjid. Berdasarkan rekaman tersebut, tim Unit Reskrim Polsek Panakkukang menguber pelaku.
”Laporan pihak panitia masjid telah kami terima. Begitu kami terima, aparat Polsek Panakkukang langsung ke TKP. Dari hasil olah TKP, rekaman CCTV kami sita untuk kepentingan penyelidikan. Pelaku saat beraksi terekam kamera CCTV,” jelas Bripka Ahmad Halim.
Menurut keterangan panitia masjid bahwa orang yang dicurigainya itu pada hari Sabtu (6/9), sempat salat Isya di masjid. Bahkan bermalam pula. ”Jadi modus maling kotak amal itu. Ia katanya sempat salat Isya. Kemudian pelaku menginap juga di masjid. Dan kemungkinan pada Minggu dinihari (6/9), pelaku beraksi saat suasana sudah sepi. Usai menjarah isi kotak amal, pelaku langsung kabur,” kata Bripka Ahmad Halim.
Panitia masjid baru mengetahui jika isi kotak amal di jarah maling setelah melihat satu buah kotak amal tampak terbongkar. ”Ketika pengurus masjid melihat satu buah kotak amal dalam kondisi terbongkar. Disitulah menaruh curiga sehingga memeriksa seluruh kotak amal berjumlah 17 buah. Hasilnya, kotak amal 17 buah itu juga tampak terbongkar. Dari sinilah hingga panitia masjid mengetahui jika isi kotak amal senilai Rp3 juta raib digondol maling. Kasus ini masih dalam penyelidikan,” pungkas Kasi Humas Polsek Panakkukang, Bripka Ahmad Halim.
Sementara itu, Kasubag Humas Polrestabes Makassar, Kompol Edi Supriadi Idrus, mengemukakan, hasi olah TKP diduga terduga pelaku sendiri masuk ke dalam masjid setelah jamaah melaksanakan salat subuh.
”Dari hasil rekaman CVTV masjid terlihat satu orang yang masuk ke dalam masjid. Celengan tersebut terbuat dari aluminium dan kayu dibobol pencuri dengan merusak gembok.
Kompol Edi Supridi menambahkan, beberapa pengurus masjid yang mengetahui 17 buah celengan yang ada dalam masjid dibobol maling langsung dilaporkan ke Kasi Humas Polsek Panakukkang, Bripka Ahmad Halim.
Laporan itu kemudian dilanjutkan ke anggota Reskrim Polsek Panakukkang. Anggota Polsek Panakukkang yang menerima laporan menindaklanjuti dengan turun ke TKP mengecek pintu dan jendela masjid. Hasilnya, tidak ditemukan tanda-tanda kerusakan. Karena memang masjid tidak terkunci. Sehingga maling masuk ke dalam masjid membobol celengan masjid dan menguras uang dalam celengan. (ish-jul/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.