Gojentakmapan

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Diajari Bikin Video Kreatif dan Naskah Berita


GOWA, BKM — Jelang Pilkada 9 Desember 2020, banyak hal yang mudah terjadi di tengah masyarakat. Salah satu yang paling dominan adalah merebaknya informasi-informasi yang bisa meresahkan dan menyesatkan masyarakat.
Karena itu, jajaran Polres Gowa menggelar pelatihan singkat cara membuat redaksi atau berita informatif dan edukasi kepada masyarakat yang diikuti selurih Babinsa (jajaran Kodim 1409) dan Bhabinkamtibmas (jajaran Polres Gowa) se-Kabupaten Gowa, Rabu (9/9), di pelataran Istana Tamalate, Sungguminasa, Kabupaten Gowa.
Pelatihan yang dibuka Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola bersama Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh Suaib ini, menghadirkan dua pemateri dari kalangan media, yakni Fajar Thalib (Linisiar.co.id) dan Saribulan (Harian Berita Kota Makassar).
Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola, dalam kesempatan itu mengajak para Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk peka dan lebih jeli melihat kondisi yang ada di tengah masyarakat.
”Saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Tentunya saya berharap para aparat yang berada di desa, kelurahan, kecamatan agar lebih jeli melihat kondisi dan meningkatkan edukasi tentang penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Masyarakat harus lebih disiplin lagi agar penyebaran mata rantai Covid-19 tidak bertambah atau membuka ruang baru di tengah masyarakat yang semua wilayahnya berada pada zona hijau akhirnya bisa menjadi merah. Wajib masker, jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun dan tidak berkumpul banyak orang harus terus disosialisasikan oleh para Bhabinkamtibmas maupun Babinsa,” kata Kapolres.
Sebelumnya, Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh Suaib, mengimbau agar aparat di bawah dapat lebih bersiap dan siap siaga atas segala kemungkinan yang dapat terjadi jelang Pilkada khususnya upaya memecah belah masyarakat dan mudahnya pengaruh-pengaruh negatif yang bisa meruntuhkan persatuan dan kesatuan masyarakat dan bangsa.
Fajar Thalib yang menyampaikan materi terkait bagaimana cara membuat video kreatif dalam masa pandemi dan jelang Pilkada mengarahkan berbagai tehnik pengambilan gambar/visual dengan menggunakan kamera ponsel milik para Babinsa dan Bhabinkamtibmas saat bertugas di lapangan.
Hal sama diuraikan Saribulan yang memberikan materi terkait cara membuat redaksi berita langsung atau straight news. Para peserta pelatihan dari dua institusi ini mengikuti penyampaian materi yang ada. Bahkan peserta diminta berlatih membuat langsung berita singkat terkait kegiatan pelatihan dengan menggunakan unsur 5W+1H atau who, what, where, when, why dan how.
”Semoga pelatihan singkat yang mereka dapatkan hari ini dapat diaplikasikan dalam kegiatan tugas sehari-hari. Tujuan dari pelatihan ini semata-mata kita ingin agar aparat Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat memberikan laporan ke pimpinan bukan lagi dalam bentuk laporan yang kurang menarik. Tapi tampilannya bersifat rilis berita yang lebih enak dibaca dan cepat dipahami,” tambah Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola. (sar)

Komentar Anda





Comments
To Top
.