Gojentakmapan

Empat Pejabat Gowa Paparkan RIP-SAKIP ke Kemenpan RB


GOWA, BKM — Empat pejabat dari empat SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melakukan pemaparan hasil Rekomendasi Implementasi Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (RIP-SAKIP) kepada tim evaluasi KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi) secara virtual di Peace Room A’ Kio kantor bupati Gowa, Selasa (8/9).
Keempat pejabat tersebut, masing-masing Indra Setiawan, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP), Sugeng Priyanto, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ismail, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, dan Taufik Mursaf, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Gowa.
Dalam virtual tersebut, Inspektur Inspektorat Gowa, Kamsinah, mengungkapkan, evaluasi hari ini merupakan tindak lanjut rekomendasi hasil SAKIP tahun lalu yang diharapkan mampu memperbaiki nilai Kabupaten Gowa.
Dikatakan Kamsinah, saat ini Kabupaten Gowa menargetkan nilai SAKIP Gowa bisa naik ke BB, sehingga pihaknya menggenjot SKPD agar lebih serius lagi dalam melakukan evaluasi SAKIP ini.
”Untuk mencapai nilai 70, dari 25 SKPD yang sudah mencapai target harus ditambahkan 11 SKPD lagi agar cukup 2/3 atau 36 SKPD dari 54 SKPD kita. Ini harus dilakukan untuk menjadi tambahan dalam meningkatkan nilai SAKIP kita,” beber Kamsinah.
Ia berharap, melalui pemaparan tersebut apa yang menjadi masukan dari tim evaluasi kementerian bisa dipenuhi dalam tenggat waktu yang ditentukan agar target SAKIP Gowa menjadi BB bisa tercapai.
Sementara itu Kadis PM-PTSP Gowa, Indra Setiawan Abbas, saat memaparkan menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi rekomendasi Kemenpan-RB sebelumnya yakni untuk pengukuran kinerja dimana hasil capaian kinerja mulai dari tingkat eselon IV keatas dikaitkan dengan sebagai dasar pemberian reward.
”Tindak lanjutnya kami melakukan evaluasi kinerja terhadap eselon III dan IV kemudian memberikan reward berdasarkan hasil evaluasi tersebut,” jelasnya.
Selain itu, rekomendasi kementerian juga, yakni Indikator Kinerja Utama (IKU) di review secara berkala dan pihaknya menindaklanjuti dengan melakukan review terhadap indikator kinerja pada sasaran strategis yang menjadi IKU.
Selain empat SKPD tersebut, beberapa SKPD juga siap mengikuti pemaparan bersama tim dari Kemenpan yakni BKPSDM, Disdukcapil, Dinkes, Dinas Kominfo-SP, Dinas Pendidikan, Dinas Perdastri, Dinas Perpustakaan dan RSUD Syekh Yusuf. (sar)

Komentar Anda





Comments
To Top
.