Kriminal

Tuduhan Jaksa Dinilai tidak Sesuai Fakta Persidangan


Lanjutan Sidang Kasus Dugaan Pidana Korupsi Fee 30 Persen

MAKASSAR, BKM — Sidang lanjutan dengan agenda duplik pada kasus dugaan pidana korupsi fee 30 persen anggaran kegiatan sosialisasi dan penyuluhan SKPD di kecamatan se-Kota Makassar kembali digelar di Pengadilan Tipikor Makassar, Kamis (10/9).
Duplik atau jawaban tergugat terhadap penuntut umum itu diajukan oleh Penasihat Hukum (PH) terdakwa Hamri Haiya. Adapun Ahmad Farid selaku PH terdakwa mantan camat Rappocini itu menyebutkan, duplik yang diajukan untuk menyampaikan tanggapan atas pembelaan (replik) jaksa penuntut umum.
”Tuduhan jaksa kepada klien kami tidak pernah dibuktikan di persidangan. Begitu pula saat replik,” katanya.
Ahmad menganggap, tuduhan penuntut umum dinilai tidak sesuai dengan fakta persidangan. Dan tuntutan penuntut umum kepada kliennya terlalu berlebihan. Materi tuntutan penuntut umum seperti copy paste dari dakwaan yang dibacakan pada sidang perdana.
Dia mencontohkannya pada unsur kerugian negara yang dibebankan kepada terdakwa Hamri sebesar Rp23 miliar lebih. Padahal, Rp23 miliar adalah total keseluruhan dari total kerugian negara atas terdakwa sebelumnya, Erwin Haiya. Sedangkan kerugian negara khusus untuk Rappocini hanya Rp1.928.754.753,70.
”Isi tuntutannya tadi tidak ada perubahan. Ulasanya sama persis dengan dakwaan,” tuturnya.
Sebelumnya, penuntut umum dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan menuntut terdakwa Hamri Haiya selama tujuh tahun penjara dan subsider 4 bulan kurungan. Terdakwa juga dikenakan denda Rp250 juta dengan ketentuan jika tidak mampu membayar, maka diganti 4 bulan kurungan.
Selain pidana penjara, mantan camat Rappocini Kota Makassar tersebut dalam tuntutan JPU juga dibebankan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp2,378 miliar.
Jika Hamri tidak dapat membayar uang pengganti dalam kurung waktu satu bulan sesudah putusan dan dinyatakan incracht, maka harta bendanya disita oleh jaksa dan dilelang. Atau terdakwa bisa ganti dengan pidana penjara tiga tahun kurungan. Jaksa juga memerintahkan agar terdakwa ditahan dalam rutan. (arf)

Komentar Anda





Comments
To Top
.