Politik

IPI Unggulkan ZAS di Pilbup Selayar


Appi-ARB Unggul di Makassar

MAKASSAR, BKM–lembaga survei dan konsultas politik PT Indeks Politica Indonesia (IPI) telah memotret elektoral pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati di Selayar dan di Pilwali makassar.
Untuk Kabupaten Kepulauan Selayar, Direktur eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir melihat potensi tumbangnya pasangan petahana Muhammad Basli Ali yang menggandeng Saiful Arif (BAS). Hal itu karena pertarungan hanya menghadirkan dua pasangan calon saja atau head to hed.
Suwadi menyebutkan berdasarkan hasil survei terbaru dari lembaga yang dipimpinnya, pada awal September ini posisi pasangan petahana di bawah 48% atau lebih tepatnya 45%. Sementara pasangan penantang Zainuddin-Aji Sumarno (ZAS) berada di angka 39%.”Survei ini mendekati margin error,” terang Suwadi, Senin (14/9).
Menurut Suwadi ada ruang yang cukup besar bagi penantang untuk mengimbangi petahana. “Kalau head to head, posisi petahana harus di atas 60%. Jika di bawah 50%, itu sangat rawan. Berbeda kalau tiga pasangan calon,”jelas Suwadi.
Untuk pilwali Makassar, Suwadi menjelaskan hingga awal September ini, pasangan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando paling berpeluang memenangkan kontestasi. Apalagi, sejauh ini survei elektoralnya sudah mengimbangi pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto yang menggandeng Fatmawati Rusdi di angka 34%.
Pasangan Syamsu Rizal-Dokter Fadli Ananda survei elektoralnya menurun dari 19% tersisa 14%. Pasangan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Nurdin Halid mengalami kenaikan 3% dan mencapai 5%.
“Makanya, saya melihat di pilwali ini masih pertarungan Danny Pomanto dan Appi. Kedua pasangan ini mengunci 34 persen sejauh ini. Perbedaannya nol persen saja. Danny cenderung menurun meski tidak signifikan,” paparnya.
Meski begitu, Suwadi menuturkan bahwa roda perputaran politik itu masih sangat dinamis. PT IPI membedah kekuatan empat pasangan calon berdasarkan hasil survei September ini.
“Kita lihat di bulan November, apakah ada perubahan siginifikan. Tapi kalau kami melihat, pasangan Appi-ARB yang paling berpeluang menang. Kalau Deng Ical dan None, mereka harus bekerja dua kali lebih dahsyat agar bisa mengalahkan Appi atau Danny,” tutup Suwadi.
Tak hanya IPI, lembaga survei dan konsultas politik PolMark Indonesia yang dipimpin Eep Saefullah Fatah juga dikabarkan mengunggulkan pasangan Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando dari pasangan Mohammad Ramdhan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi. Data yang beredar, elektoral Appi-Rahman sebesar 31,7%, sedangkan Danny-Fatma 26,8%. Adapun Syamsu Rizal MI alias Deng Ical-Dokter Dadli Ananda 14,4 % dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Halid 3,5%. (rif)

Komentar Anda





Comments
To Top
.