Headline

PKS Ingin Kadernya Ganti Mirza Riogi


Dr Majdah: Kedua Kalinya Keluarga Didzolimi

MAKASSAR, BKM — Empat partai pengusung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Barru Suardi Saleh-Andi Mirza Riogi Idris tinggal menyisakan satu hari. Tenggat waktu itu untuk mengusulkan nama pengganti Andi Mirza Riogi sebagai bakal calon wakil bupati, lantaran digugurkan oleh KPU akibat tersandung kasus narkoba.
Keempat parpol tersebut yakni Partai Nasdem yang mengontrol lima kursi, PDIP dengan tiga kursi, PKS dua kursi, serta Demokrat dengan satu kursi.
Lalu apa tanggapan para elite parpol tersebut dalam mempersiapkan pengganti Andi Mirza Riogi Idris? Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulsel Sri Rahmi mengaku akan mengembalikannya ke partai koalisi.
Soal nama bakal calon yang diinginkan partai berlambang bulan sabit kembar ini, Sri Rahmi memberikan gambaran jika kader partai juga tidak masalah. “Kalau PKS yang ditanya, pasti mengajukan kadernya untuk calon wakil. Tapi kan semua harus kesepakatan parpol koalisi,” ujar ketua Fraksi PKS DPRD Sulsel ini, Senin (14/9).
Ketua DPW PKS Sulsel Surya Darma menegaskan, partainya tidak akan menarik dukungan atas kejadian tersebut. “Kami tidak akan menarik dukungan. Kami sepakat untuk mencari pengganti. Koalisi untuk Pak Suardi tetap jalan,” jelas Surya Darma.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel Ni’matullah Erbe, mengemukakan bahwa pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Suardi Saleh. “Kami terus terang kaget dan tidak menyangka sama sekali soal itu. Untuk itu kami serahkan sepenuhnya kepada calon 01 untuk tindak lanjut. Kami siap back up putusan yang diambil soal hal tersebut,” ucap wakil ketua DPRD Sulsel ini.
Sekretaris DPW Partai Nasdam Sulsel Syaharuddin Alrif memastikan bila pihaknya akan mengganti Andi Riogi Idris. “Partai Nasdem pasti mengganti,” jelas Syahruddin Alrif.

Tak Mungkin Narkoba

Ibu mertua Andi Riogi Idris, Dr Hj Majda Zain Agus Arifin Nu’mang memberikan klarifikasi terkait kasus yang kini menimpa menantunya. “Suami anak saya Nak Qanizah tidak mungkin narkoba. Nak Icya dan kami semua keluarga, kerabat sebagai saksi dalam keseharian tidak ada indikasi memakai barang haram tersebut. Anakda Ogi akhlaknya baik, sopan santun, rendah hati, sabar, pergaulan keseharian hanya di rumah bersama sepupu, om, saudara, asisten dan sopirnya. Anakda beraktifitas untuk kehidupan, mencari nafkah juga dikendalikan dari rumah. Tapi ini politik, semua bisa terjadi sebaliknya. Wallahu a’lam. Ini yang kedua kalinya keluarga didzolimi. Semoga Allah mengangkat derajat dan menggantinya yang lebih baik. Jika tidak di dunia, Insyaallah di akhirat. Aamiin Ya Arhamarrahimiin,” tulis Dr Majdah yang juga rektor Universitas Islam Makassar.

Negatif

Setelah dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) maju di pilbu Barru sebagai balon wabup, beredar hasil pemeriksaan dari Prodia kalau Andi Mirza dinyatakan negatif dari narkoba. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan dengan mengambil sampel urine dari Mirza Riogi, menunjukkan jika hasilnya negatif. Pengambilan spicemen urine sewaktu dilakukan pihak Prodia pada Minggu (13/8) pukul 14.33 Wita.
Diperkirakan, Mirza Riogi memeriksakan urine setelah mengetahui dirinya dinyatakan positif narkoba. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim pemeriksa kesehatan, dalam hal ini pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulsel.
Satu jam setelah pemeriksaan urine dari Mirza Riogi, pihak KPU juga menggelar rapat pleno sekitar pukul 15.30 wita di hari yang sama. Hasil pleno ini memutuskan Mirza Riogi sebagai bakal calon wakil bupati dinyatakan TMS karena tersandung narkoba.
Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru Syarifuddin H Ukkas menyatakan hasil pleno yang mendiskualifikasi Andi Mirza Riogi ini sudah final. Karena berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan Andi Mirza Riogi dinyatakan TMS.
“Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dinyatakan TMS, sehingga bakal calon wakil bupati ini harus diganti dan tidak ada lagi pemeriksaan kesehatan pembanding,” tegas Syarifuddin. (rif-udi)

Komentar Anda





Comments
To Top
.