Headline

Ganti Mirza Riogi, Kompol Aska Pensiun Dini


Hari Ini Didaftar di KPU Barru

BARRU, BKM — Terjawab sudah teka teki siapa yang akan menggantikan Andi Mirza Riogi dalam pilkada Barru. Komisaris Polisi (Kompol) Aska Mappe terpilih untuk menjadi bakal calon wakil bupati mendampingi Suardi Saleh.
Dalam dua hari terakhir, nama mantan kapolsek dan wakapolres ini memang ramai diperbincangkan warga Barru. Dirinya disebut-sebut ketiban rezeki di saat tahapan pilbup tengah bergulir. Perwira polisi secera mengejutkan digandeng sang petahana Suardi Saleh mengganti Andi Mirza Riogi yang didiskualifikasi KPU karena tidak memenuhi syarat (TMS) kesehatan setelah dinyatakan positif narkoba.
Awalnya, pria kelahiran Barru, 15 Januari 1965 ini tak dilirik Suardi Saleh. Padahal, saat itu mantan wakapolres Polman, Sulbar dan kepala Satreskrim Polresta Parepare ini ikut mendaftar di Partai Nasdem sebagai bakal calon wakil bupati.
Bahkan dari delapan pendaftar di Nasdem tak satu pun masuk dalam radar Suardi hingga pendaftaran di KPU. Suardi lebih memilih Ketua DPC PDIP Andi Mirza Riogi hingga masa pemeriksaan kesehatan. Namun pilihan ini pun kandas di saat KPU mengumumkan bahwa Mirza Riogi dinyatakan TMS.
Suardi kemudian bergerak cepat melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. Termasuk dengan parpol pengusung, hingga akhirnya disepakati Kompol Aska Mappe sebagai pengganti Andi Mirza Riogi.
“Alhamdulillah, saya sudah deal dengan Aska Mappe setelah melalui pertimbangan matang. Saya baca Bismillah saja dengan memilih Aska sebagai bacawabup. Semoga ini jalan terbaik dalam memenangkan pilkada Barru,” ucap Suardi.
Terpisah, Kompol Aska Mappe yang dihubungi, awalnya sempat menolak berkomentar. Polisi yang pernah menjabat kapolsek Tanete Riaja dan Barru ini, meminta agar terlebih dahulu menghubungi Suardi Saleh.
Setelah diinformasikan bahwa Suardi menyatakan deal menggandeng dirinya sebagai pasangannya, maka Aska pun mengiyakan jika dirinya sudah resmi berpaket dengan petahana Suardi Saleh.
“Sebagai perwira yang masih aktif di institusi kepolisian, maka saya secepatnya akan mengajukan pensiun dini,” ujar Aska.
Partai politik pengusung yakni Nasdem, PKS, PDIP dan Demokrat dikabarkan sudah mengajukan nama Aska Mappe ke DPP guna mendapatkan rekomendasi baru dengan format B1KWK untuk diserahkan ke KPU Barru hari ini, Rabu (16/9).
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPW PKS Sulsel Sri Rahmi, menegaskanya bahwa partainya dipastikan tetap bersama koalisi. Jika memang KPU memutuskan A Mirza Riogi dinyatakan tidak boleh maju, maka PKS akan mengajukan calonnya sebagai pendamping Suardi Saleh.
Ketua DPD PKS Barru Rusdi Hidayat Jufri mengatakan, DPD Barru telah mengajukan nama Kompol Aska Mappe sebagai 02 Suardi Saleh.
Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulsel Syaharuddin Alrif membenarkan jika nama Aska Mappe yang dikirim ke DPP Nasdem. “Iya namanya sudah dikirim ke DPP,” ujar Syaharuddin yang juga wakil ketua DPRD Sulsel ini. (udi/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.