Politik

KPU Tunggu Hasil Swab Ulang Ibas-Rio


MAKASSAR, BKM–Dari dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada pemilihan bupati (pilbup) Luwu timur, saat ini tinggal pasangan Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri Hatta (Ibas-Rio) yang belum melanjutkan pemeriksaan kesehatan.
Adapun sang rival yakni pasangan Thoriq Husler-Budiman Hakim telah menyelesaikan beberapa waktu lalu.
Ketua KPU Luwu Timur, Zainal mengatakan jika saat ini masih menunggu hasil swab ulang yang dilakukan pasangan Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri Hatta dan itu harus dilakukan ulang walau hanya satu orang yang terkena positif covid-19.
“Berdasarkan imbauan tim pemeriksa kesehatan dia harus sweb ulang bersama karena hasilnya kan sudah hampir 14 hari,”pinta Zainal.
Dengan ini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Ibas-Rio agar segera memasukan hasil swab ulang. “Kita tunggu hasilnya, kalau sudah ada baru kita menyurat ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksan kesejatan dan jasmani,”jelasnya.
Seperti diketahui, pasangan Ibas-Rio menawarkan program visi-misinya untuk menjadikan Luwu Timur lebih baik. Program yang ditawarkan ada tiga program menjadi unggulan yakni sektor Pendidikan, Kesehatan dan Pendidikan.
Politisi senior Mahjid Tahir menilai dari ketiga sektor program ditawarkan pasangan Ibas-Rio merasa tertarik dalam sektor pendidikan. Lebih menariknya menurut dia, dari sektor pendidikan menjamin ke penguruan tinggi sampai S3 (doktor).
“Bukannya sektor lain tidak baik, tapi saya malah tertarik dengan visi-misi pasangan Ibas-Rio dari sektor pendidikan akan menjamin kepenguruan tinggi sampai S3,” ujarnya baru-baru ini.
Dari sektor pendidikan ini, lanjut Mahjid, akan menjawab akan kebutuhan daerah ini lebih baik. Melihat kondisi saat ini, Kabupaten Luwu Timur minim dengan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga hal ini di Kabupaten Luwu Timur banyak ditempatkan orang-orang tidak sesuai dengan bidang keilmuanya.
“Pasangan Ibas-Rio ini menghadirkan program tersebut paham akan kebutuhan daerah saat ini. Bayangkan saja, kepala daerah sampai anggota DPRD Luwu Timur saat ini hanya sampai starata 1 (S1). Adanya program pendidikan penguruan tinggi sampai s3 ini sebagai bentuk terobosan baru yang akan diciptakan Ibas-Rio lebih mementikan daerah ini lebih baik,” ucapnya.
Lebih jauh Mahjid mengatakan, Visi-Misi yang ditawarkan masyarakat bukan hanya sekedar syarat atau dokumen pelengkap yang dibuat salah satu pasangan calon untuk menjadi peserta dalam pilbup mendatang.
Ketua Tim Pemenagan Ibas-Rio, Andi Baso Makmur mengatakan visi-misi Ibas-Rio ini untuk ditawarkan oleh masyarakat betul-betul pro rakyat.
“Visi-misi telah disusun Ibas-Rio betul-betul terukur sesuai kebutuhan daerah dan masyarakat umum nantinya. Bukanya hanya membuat visi-misi tanpa barometer yang jelas,” ungkapnya.
Sajian visi-misi ini telah disusun pasangan Ibas-Rio, lanjut dia, melibatkan berbagai pakar sesuai bidang keilmuan masih-masih dan manjawab kebutuhan masyarakat Lutim saat ini. “Kami menyusun visi-misi berbagai sektor melibatkan berbagai pakar yang ada sesuai bidang keilmuannya masih-masing dan menjawab kebutuhan masyarakat di Lutim,” ujarnya. (rif)

Komentar Anda





Comments
To Top
.