Headline

Rp21,4 Miliar TPP ASN Pemkot Dicairkan


MAKASSAR, BKM — Lambatnya pencairan tambahan penghasilan pegawai (TPP) aparatur sipil negara di Pemerintah Kota Makassar, salah satunya disebabkan dampak dari pandemi covid-19. Selain itu, akibat adanya penanganan covid, anggaran banyak dialihkan ke sana.
TPP ASN juga jadi korban. Terjadi pemangkasan anggaran mulai April lalu dengan sasaran menutupi defisit anggaran pemkot. Besarannya, 40 persen dari total anggaran TPP. Pemotongan tersebut membuat keuangan pemerintah bisa bernapas lantaran menghemat anggaran sebesar Rp5 miliar.
Namun, saat ini TPP ASN Pemkot Makassar kembali normal. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar mulai memproses pencairan TPP di bulan Juli.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKAD Kota Makassar Andi Rahmat Mappatoba, mengaku optimistis bisa menyelesaikan seluruh tahapan pencairan TPP ke ASN Pemkot Makassar. Sejauh ini, rerata pegawai telah menerima TPP.
“Rata-rata sudah kita cairkan. Sekitaran 90 persen lebih OPD. Kita cairkan untuk Juli saja dulu,” ujar Rahmat, Selasa (15/9).
Sisanya, pihaknya masih menunggu persetujuan pimpinan untuk dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) dari OPD di parsial lima. Setelah itu, TPP baru dicairkan.
“Proses administrasi pengajuan dokumen mungkin masih ada sedikit terhambat, karena itu kita masih menunggu,” imbuhnya.
Dia menambahkan, pencairan TPP 100 persen untuk ASN di lingkup Pemkot Makassar, merupakan bentuk dukungan Penjabat Wali Kota Makassar Rudi Djamaluddin dalam meningkatkan kesejahteraan di tengah pandemi covid-19.
“Pengembalian ini merupakan arahan Pak Wali. Beliau ingin ada peningkatan kesejahteraan ASN di tengah pandemi,” ungkapnya.
Kata dia, Pemkot Makassar mengalokasikan Rp21,4 miliar tiap bulan untuk pembayaran TPP. Pembayarannya ini akan diberikan untuk bulan Juli 2020.
Diketahui, anggaran untuk penerapan TPP dalam APBD 2020 Kota Makassar senilai Rp303 miliar. Sekertaris kota (sekkot) menjadi pegawai dengan peraih TPP tertinggi. Angkanya mencapai Rp56 juta per bulan.
Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar Mukhtar Tahir menyampaikan, dirinya sudah menyetor dokumen untuk pencairan TPP ASN OPD yang dipimpinnya. Harapannya, TPP ini segera dicairkan.
“Kita sudah setor dan diproses. Mungkin sore ini akan ditransfer ke rekening masing-masing,” ujarnya, kemarin. (rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.