Metro

YPN Kelola Sampah Pasar Terong


MAKASSAR, BKM– Kehadiran bank sampah di pasar-pasar tradisional cukup membantu mengatasi persoalan.
Kini, sampah bukan lagi jadi masalah, apalagi yang punya nilai ekonomis.
Seperti kehadiran bank sampah di Pasar Terong. Kehadiran bank sampah yang diinisiasi oleh Yayasan Peduli Negeri (YPN) Makassar sangat dirasakan oleh pengelola pasar. Selain dapat membantu mengatasi persoalan sampah, kini sudah bisa dinikmati hasilnya.
Koodinator Bank Sampah PD Pasar, Asnawi, mengatakan, sangat bernilai positif dalam membangun kepedulian masyarakat.
” Alhamdulillah kami sudah mulai lagi melakukan penimbangan. Sampah yang ada di bank sampah ini sudah dipilah menurut jenisnya sehingga sangat efektif mengurangi sampah yang kian hari semakin meningkat,” ujarnya.
Dikatakan, selama pandemi covid-19, aktifitas bank sampah sempat terhenti sehingga sampah tidak begitu terurus.
Direktur Operasional PD Pasar Makassar, Saharuddin Ridwan, juga menuturkan, program satu pasar satu bank sampah adalah hal wajib yang disiapkan oleh jajaran kepala-kepala unit pasar di Makassar. Untuk menjadikan salah satu inovasi PD Pasar dalam mengurangi dan menangani sampah di dalam pasar.
“Kehadiran bank sampah pasar memberikan hasil nyata bagi masyarakat utamanya pedagang dan memberi peluang atau penghasilan tambahan,” ujarnya.
Penggagas bank sampah ini juga berharap agar pengembangan bank sampah ini nantinya harus menjadi wujud dalam menjaga kebersihan serta melestarikan lingkungan. (rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.