Sulselbar

Pemkab Evaluasi Reformasi Birokrasi


BARRU, BKM — Pemkab Barru melakukan evaluasi reformasi birokrasi di Barru Smart Information Center( BASIC), Selasa (15/9). Evaluasi virtual dipimpin Sekkab Barru, Abustan dan diikuti 30 peserta sebagai partisipan melalui zoom meeting.
Evaluasi reformasi birokrasi dan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Pemkab. Evaluasi terkoneksi langsung dengan tim Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Kinerja dan Pengawasan Kementerian PAN & RB.
Sebelumnya Sekkab menelaah satu persatu laporan dari seluruh OPD . Telaah khusus dilakukan pada delapan area perubahan kaitannya dengan rencana aksi reformasi birokrasi.
“Silahkan menyampaikan rencana aksi di setiap OPD khususnya pada delapan area perubahan,” ujar Abustan.
Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dipimpin oleh Desmarwita turut mendengarkan paparan singkat perwakilan OPD Kabupaten Barru.
Anggota Tim Kemenpan-RB, Muhammad Hariz Ananto dengan lugas meminta agar setiap pejabat yang memberi penjelasan teknis melakukan pendekatan sesuai dengan 8 Area Perubahan Reformasi Birokrasi.
“Mungkin evaluasi nanti bisa langsung ke poin-poin atau substansi nya, dijelaskan sesuai dengan 8 area ,”ucap Hariz.
Delapan area perubahan ini sebagian besar telah sukses disempurnakan oleh Pemda Barru dibawah kepemimpinan Suardi Saleh-Nasruddin Abdul Muttalib. Area perubahan ini yakni, mental aparatur, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, tatalaksana, SDM aparatur, dan Peraturan Perundang-undangan serta yang paling mengagumkan adalah model Pelayanan Publik.
Kepala BPKAD Abubakar menjelaskan skema proses bisnis yang telah disesuaikan dan diterapkan. Terminologi ‘Bisnis’ memang digunakan untuk aktivitas pemerintahan di era reformasi birokrasi sebagai bentuk profesionalisme dan berbasis efektivitas dan efisiensi.
“Pengelolaan kinerja sendiri dimulai dari perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan evaluasi kinerja,” urai Abubakar. (udi/C)

Komentar Anda





Comments
To Top
.