Gojentakmapan

SD Inpres 103 Hasanuddin Mandai Dorong Kreativitas Murid


Gelar Tiga Lomba Sekaligus

PIALA BERGILIR -- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, HM Takdir menyerahkan piala bergilir kepada anggota Parenting SD Inpres 103 Hasanuddin Mandai.

MAROS, BKM — Sekolah Dasar (SD) Inpres 103 Hasanuddin Mandai mengadakan lomba Sudut Baca, Adiwiyata Kelas, dan Parenting Kelas. Dalam kegiatan ini, para murid, guru, dan orangtua masing-masing kelas membersihkan, mengatur, dan menata kelas agar menjadi senyaman mungkin untuk kegiatan belajar.
Selain itu, murid wajib menciptakan perpustakaan mini di dalam kelas. Hal tersebut dikatakan Hj Nurwahida, SPd. MPd, Kepala SD Inpres 103 Hasanuddin Mandai pada acara penilaian lomba.
Menurut Hj Wahida, kegiatan lomba yang digelar ini bertujuan menciptakan suasana sekolah yang kondusif untuk belajar, serta membiasakan murid untuk gemar membaca. Penilaian lomba ini dilakukan tim juri yang terdiri dari Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, pengawas sekolah, dan kepala sekolah lain.
Penilaian dilakukan pada hari Selasa, 16 September 2020 mulai pukul 09.30 Wita. Tim juri mengunjungi kelas satu persatu dan melakukan penilaian sesuai kriteria penskoran yang telah ditetapkan.
”Tim juri yang dilibatkan adalah orang yang cakap pada bidangnya. Sehingga mampu menghasilan juara dari tiga lomba tersebut,” ujar Hj Wahidah.
Kadis Pendidikan Maros, Ir HM Takdir, pada kegiatan ini mengaku sangat kagum melihat antusiasme para orangtua dan guru sekolah SD Inpres Hasanuddin pada kegiatan lomba ini. Paling menarik adalah lomba sudut baca.
Lomba ini diselenggarakan agar dapat menghidupkan ruh pelaksanaan Kurikulum 2013 (K13), meliputi pendidikan karakter, gerakan literasi, dan menyiapkan murid memiliki softskill seperti problem solving, creativity, innovation, dan communication. Lomba sudut baca diikuti seluruh kelas di Sekolah Dasar Inpres 103 Hasanuddin.
”Semua kelas yang kami kunjungi telah didekorasi semenarik mungkin dengan berbagai ornamen agar para murid tertarik membaca artikel yang dibuat sendiri. Kemudian ditempel pada sebuah papan. Tak hanya itu, buku-buku bacaan pun ditata rapi di sudut baca tersebut. Hasil kreativitas tersebut bertujuan meningkatkan minat baca para murid dalam bentuk perpustakaan kelas.
”Lomba sudut baca, adiwiyata kelas dan parentin kelas ini, telah didukung parentin kelas satu hingga enam yang bekerjasama dengan sekolah untuk meneguhkan SD Inpres 103 Hasanuddin sebagai terbaik di Kabupaten Maros,” ujar Takdir. (ari/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.