Politik

Ratusan Ketua RT Dengarkan None


Soal Program Pelimpahan Kewenangan

MAKASSAR, BKM–Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin halid (Imun) mendapat dukungan dari puluhan ketua rukun tetangga (RT) sekota Makassar.
Para ketua RT menemui None-panggilan akrab Irman Yasin Limpo di Rumah Perjuangan di Jalan Mapala, guna mendengarkan seperti apa program maupun visi misi None yang menggandeng politisi Golkar Andi Zunnun.
Untuk itu, None mengaku bila Imun tengah menyiapkan program strategis untuk ketua RT jika nanti terpilih memimpin Makassar.
Program unggulan itu terkait pelimpahan kewenangan ke tingkat RT.
None mengaku berterima kasih karena programnya mendapatkan apresiasi dari para Ketua RT, yang nantinya akan menjadi garda terdepan pemerintahan.
Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel ini menjelaskan, Ketua RT memang akan menjadi ujungtombak pemerintahannya jika terpilih sebagai Wali Kota Makassar. Ketua RT akan diberikan wewenang, yang diikuti biaya pembangunan mulai Rp 15 juta hingga Rp 150 juta. Para Ketua RT juga akan diberikan gaji berdasarkan Upah Minimum Regional (UMR) atau sebesar Rp 3,1 juta. Tak hanya itu, Ketua RT juga akan diberi wewenang mengangkat dua staf, yang juga akan digaji sesuai UMR.
“Kenapa seperti ini? Karena tugas dan tanggungjawab mereka sebagai Ketua RT akan bertambah. Kami akan melakukan downsizing pemerintahan hingga ke tingkat RT,” ujarnya.
Pengurusan administrasi kependudukan, kata None, juga akan dilakukan di tingkat RT. Warga atau pemohon tidak perlu lagi ke Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan, antre berjam-jam untuk mengurus KTP, KK, Akte Kelahiran, dan Surat Kematian.
“Semuanya cukup di tingkat RT. Dan supaya lancar, kita akan bekali Ketua RT dengan sepeda listrik dan tablet,” jelas adik bungsu Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo ini. (rhm/rif)

Komentar Anda





Comments
To Top
.