Metro

Saka Pramuka se-Sulsel Ikut Kursus Orientasi


Ketua panitia kursus orientasi Saka se-Sulsel, Prof Jasmal A Syamsu menyampaikan laporan tentang pelaksanaan kursus orientasi pada acara pembukaan yang digelar Kwarda Gerakan Pramuka Sulsel, Senin (21/9/2020).

MAKASSAR, BKM – Kwartir Daerah (kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan kembali menggelar kegiatan kursus orientasi satuan karya (SAKA) tingkat daerah se-Sulawesi Selatan (Sulsel) di Aula Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel, Senin (21/9/2020).

Kursus digelar secara virtual bersama pimpinan saka tingkat daerah, pimpinan saka kwartir cabang se-Sulawesi Selatan sesuai protokol kesehatan covid-19 dan dibuka Sekretaris Kwarda Sulsel Dr. H. Rahmansyah.

Ketua panitia pelaksana, Prof.Dr.Ir.Jasmal A.Syamsu, M.Si melaporkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 207 orang yang terdiri atas 11 satuan karya tingkat daerah dan 11 satuan karya tingkat cabang se-sulawesi selatan.

Kegiatan Kursus Orientasi SAKA ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan informasi, wawasan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi Satuan Karya dan bagaimana kondisi Gerakan Pramuka yang telah ditetapkan sebagai organisasi pendidikan yang diatur dengan undang-undang.

Diharapakan peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dapat lebih aktif memberikan pemikiran, gagasan dan ide-ide yang pada akhirnya dapat melakukan aksi pada satuan karya masing-masing dan diwilayahnya masing-masing

Peserta dibekali dengan materi Fundamental Gerakan Pramuka Kebijakan Gerakan Pramuka yang disampaikan Kak Kingkin Suroso Waka Kwarnas/Ketua Komisi Saka, Sako dan Gugus Darma.

Materi lainnya Undang-Undang Gerakan Pramuka oleh Dr Muh.Hasrul, SH, MH dan Prinsip dasar dan metode kepramukaan oleh Dr Budiman Thahir.

Selain itu, ada juga materi tentang peran, fungsi dan tugas anggota dewasa dalam satuan karya gerakan pramuka oleh Prof.Dr.Ir.Jasmal A Syamsu, dan studi kasus/rencana tidak lanjut oleh Dr.Rahmansyah. Materi kursus sebanyak 8 jam pelajaran. (*)

Komentar Anda





Comments
To Top
.