Sulselbar

KPU Siapkan Bilik Khusus Bagi Pemilih Bersuhu di Atas 37 Derajat Celcius


GOWA, BKM–Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan berharap pelaksanaan pemilihan bupati (pilbup) Gowa 9 Desember 2020 dapat berjalan lancar dan aman dari penyebaran covid-19.
Harapan itu disampaikan Adnan saat menggelar Rakor Tindak Lanjut Persiapan Pilkada 2020 tingkat Kabupaten Gowa yang dilakukan di Baruga Karaeng Galesong Pemkab Gowa yang dihadiri seluruh Forkopimda yakni Kapolres AKBP Boy FS Samola, Dandim 1409 Letkol Arh Muh Suaib dan Kajari Yeni Andriani serta Ketua PN Hebbin Silalahi serta Ketua Bawaslu Samsuar Saleh.
Pelaksanaan pilbup serentak tahun 2020 ini dipastikan berbeda dari tahun sebelumnya karena akan digelar di tengah pandemi covid-19. Dan Gowa merupakan salah satu dari 270 kabupaten/kota di Indonesia yang akan menggelar pilbup tersebut.
Meski di tengah masa pandemi, Adnan berharap pelaksanaan pilbup 9 Desember mendatang bisa tetap berjalan dengan baik, lancar dan aman dari penularan covid-19.
“Mudah-mudahan Pilkada bisa berjalan dengan baik dan lancar dan kita semua terhindar dari penularan covid-19,” kata Bupati Gowa.
Saat ini kata Adnan angka penularan kasus covid-19 di Indonesia belum mengalami penurunan atau melandai. Bahkan beberapa hari terakhir cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Dia juga menyebutkan bahwa dalam satu minggu terakhir penularan covid-19 di Indonesia dalam sehari mencapai 3.900 hingga 4.100 orang terkonfirmasi positif covid-19.
Olehnya itu, salah satu yang bisa dilakukan saat ini adalah disiplin mengikuti protokol kesehatan yakni menggunakan masker, tidak berkontak satu sama lain, rajin cuci tangan dan berjaga jarak. Apalagi saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah memiliki Perda Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan.
“Kalau kita mau pelaksanaan Pilkada ini berjalan dengan sukses tanpa ada cluster mari kita disiplin menggunakan masker. Masker akan melindungi diri kita dan orang lain yang berada disekitar dari dari penularan covid-19,”pintanya.
Sementara itu, Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan bahwa setiap tahapan akan menerapkan protokol kesehatan utamanya di TPS dan semua petugas akan dilengkapi APD.
“Sebelum digunakan, TPS akan kami sterilkan dengan penyemprotan disinfektan. Kami juga akan siapkan bilik khusus bagi masyarakat yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat. Karena setiap masyarakat yang akan memilih diperiksa suhu tubuhnya terlebih dahulu,” kata Muhtar.
Muhtar menambahkan saat ini yang akan dilakukan adalah penetapan bakal pasangan calon menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa pada Rabu (23/9).
“Dan pada 24 September besoknya, KPU akan melakukan pengundian tata letak posisi gambar pasangan calon karena hanya satu pasangan dan masa kampanye 26 September hingga 5 Desember,” beber Muhtar Muis. (sar/rif)

Komentar Anda





Comments
To Top
.