Gojentakmapan

UMKM Akan Diverifikasi Dapatkan Stimulus


GOWA, BKM — Sebanyak 25 ribu UMKM di Kabupaten Gowa akan diverifikasi pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UMKM. Verifikasi ini terkait penyaluran dana stimulus bagi para UMKM. Masing-masing UMKM yang bersyarat akan diberikan bantuan modal usaha sebesar Rp2,4 juta.
Kabupaten Gowa memang diberi kesempatan oleh Pemprov Sulsel untuk memasukkan 25 ribu UMKM untuk diverifikasi pusat agar mendapatkan bantuan tersebut. Dua dari 18 kecamatan di Kabupaten Gowa, yakni Kecamatan Bontonompo dan Bontonompo Selatan.
Dua kecamatan ini telah menyiapkan data valid 3.626 UMKM bakal penerima manfaat tersebut. Secara detil jumlah UMKM di Kecamatan Bontonompo sebanyak 1.767 UMKM dan di Bontonompo Selatan 1.859 UMKM.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gowa, Andy Azis Peter saat menghadiri kunjungan kerja Bupati Gowa bersama jajaran Forkopimda di dua kecamatan tersebut, Senin siang (21/9), tepatnya saat berada di Kampung Rewako Desa Tanrara, Kecamatan Bontonompo Selatan sebagai tempat pelaksanaan kunker, mengatakan pihaknya telah memenuhi kewajiban mengajukan 25 ribu UMKM di Gowa ke Kemenkop UMKM.
”Kami telah menyerahkan daftar 25 ribu UMKM tersebut ke pusat per 20 September kemarin, selanjutnya kamibmenunggu verifikasi pusat berapa jumlah UMKM yang memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan bantuan stimulus tersebut,” kata Azis.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari pusat sebesar Rp12,3 miliar untuk penanganan Covid-19 pada tiga sektorm yakni untuk kesehatan, jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi.
”Untuk kesehatan ini bagaimana kita melengkapi APD para tenaga medis kita dalam memerangi Covid-19. Sementara jaring pengaman sosial untuk bantuan-bantuan sosial bagi masyarakat prasejahtera dan untuk pemulihan ekonomi yah dana stimulus bagi para pelaku usaha tersebut,” kata Adnan. (sar)

Komentar Anda





Comments
To Top
.