Bisnis

Pemerintah Pastikan Bangun Ruas Tol Pelabuhan Patimban


JAKARTA, BKM — Pemerintah memastikan akan membangun ruas jalan tol untuk akses Pelabuhan Patimban-Tol Cipali sepanjang 30 kilometer. Hal ini sudah diputuskan presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelabuhan Patimban digadang-gadang menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.
Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Selasa (22/9/2020). ”Berikutnya yang trase sudah diputuskan dan akan dibuat akses dari Pelabuhan Patimban melanjutkan akses ke Tol Cipali yang diperkirakan akan memakan waktu 2 tahun,” kata Airlangga.
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam kesempatan yang sama mengatakan, saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah membangun akses jalan dari Patimban ke Jalan Pantura.

”Tetapi kita juga akan mulai membangun jalan tol sepanjang kurang lebih 30 km, dari Patimban menuju jalan tol,” katanya.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyatakan dukungan pemerintah provinsi Jawa Barat terhadap pembangunan tol tersebut. Pemerintah provinsi ingin ada koneksi di pelabuhan tersebut.
”Jangan sampai pelabuhan yang canggih, tapi koneksi masuk ke sananya tersendat,” jelasnya.
Selain akses ke Pelabuhan Patimban, pemerintah juga sedang membangun Pembangunan ruas tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Dalam setahun ke depan, proyek ini ditargetkan tuntas sehingga bisa mempersingkat waktu tempuh Bandara Kertajati dengan Kota Bandung, Jawa Barat.
Pembangunan ruas tol ini merupakan penambahan lingkup Jalan Tol Cipali. Jalan tol dengan panjang 3,7 km tersebut akan dibangun tambahan ramp sekitar 3,35 km yang akan menghubungkan bandara dengan Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) dan Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). (int)

Komentar Anda





Comments
To Top
.