Headline

Paslon Thoriq Husler-Budiman Ditetapkan Nomor Urut Satu


MALILI, BKM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur menggelar rapat pleno penetapan nomor urut pasangan calon, Kamis (24/9). Rapat berlangsung di pelataran kantor KPU Jalan Soekarno-Hatta Km 02 Puncak Indah, Malili pada pukul 14.00 Wita. Pleno dipimpin langsung Ketua KPU Lutim Zainal.
“Berdasarkan tahapan yang disebutkan dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020, ditambah surat dinas dari Ketua KPU RI nomor 788/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020, bahwa penetapan pencabutan nomor urut dilakukan pada tanggal 24 September 2020,” ujar Zainal.
Sedangkan surat dinas, lanjut Zainal, menyebutkan bahwa apabila terdapat satu pasangan calon yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan dan pasangan lainnya masih dalam penelitian adminstrasi dikarenakan terdampak covid-19, maka KPU menetapkan melalui rapat pleno terbuka yang dituangkan dalam berita acara penetapan nomor urut dan ditetapkan dengan keputusan KPU.Kemudian bagi bapaslon yang telah dinyatakan negatif atau sembuh, akan dilakukan pengundian nomor urut dengan mengikuti nomor urut berikutnya.
Zainal melanjutkan, pelaksanaan rapat pleno terbuka dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Yang diundang hanyalah pasangan calon, liaison officer (LO) dan Bawaslu. Hal tersebut mengadu pada PKPU Nomor 13 Tahun 2020 pasal 55 yang baru diterbitkan oleh KPU RI pertanggal 23 September.
Prosesi pengundian diawali dengan pembacaan doa bersama. Selanjutnya, Muhammad Abu membacakan Surat Edaran Nomor 788 terkait mekanisme penetapan nomor urut. Kemudian penandatanganan berita acara oleh lima orang anggota KPU dan pasangan calon.
Setelah selesai melakukan penandatangan, dibacakan surat keputusan rapat pleno terbuka penetapan nomor urut pasangan calon oleh Adam Safar selaku Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan. Dilanjutkan penyerahan surat keputusan oleh ketua KPU Lutim. Disusul penyerahan nomor urut secara sombolis kepada pasangan calon oleh ‘Si Pleci’, maskot pilkada Luwu Timur.
Pasangan H Muhammad Thorig Husler dan H Budiman mendapatkan nomor urut satu. Mereka kemudian menandatangani pakta integritas serta deklarasi kampanye damai dan sehat bersama Bawaslu dan ketua KPU. Paslon Husler-Budiman lalu diberi kesempatan untuk menyampaikan orasinya di atas podium yang telah disiapkan oleh panitia. Ditutup dengan foto bersama antara paslon, LO, Bawaslu dan KPU. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.