Headline

Tes Usap Gratis Digelar di Sembilan Kecamatan


MAKASSAR, BKM — Dinas Kesehatan Makassar bekerja sama gugus tugas percepatan penanganan covid-19 kecamatan dan pusat kesehatan masyarakat (PKM) kembali menggelar tes usap massal secara gratis. Swab test ini rencananya berlangsung di sembilan kecamatan, dan mulai dilaksanakan pada hari Kamis (24/9).
Yang menjadi lokasi pertama pelaksanaan tes adalah Kecamatan Tallo. Tepatnya di halaman kantor kecamatan Jalan AR Hakim. Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin bersama Camat Tallo Andi Zainal Abidin Takko memantau langsung tes usap tersebut.
Sebelumnya, tes serupa telah dilaksanakan di enam kecamatan dengan jumlah kasus positif covid-19 tertinggi di Makassar. Daerah tersebut masuk dalam zona merah.
”Untuk swab test kedua ini ada sembilan kecamatan yang jadi lokasi pelaksanaan. Dimulai dari Kecamatan Tallo. Sama seperti enam kecamatan sebelumnya, pada kegiatan kali ini melibatkan alat PCR dan tim puskesmas se-Kecamatan Tallo. Untuk hari ini kami memeriksa 500 spesimen,” ujar Naisyah.
Adapun sembilan kecamatan kecamatan yang jadi sasaran tes usap massal kedua ini, yakni Tallo, Makassar, Mamajang, Mariso, Bontoala, Ujung Pandang, Ujung Tanah, Wajo, dan Kepulauan Sangkarrang. Sementara dari swab test pada enam kecamatan sebelumnya, total ditemukan ada 74 kasus positif covid-19.
Camat Tallo Andi Zainal Abidin Takko bersama istri yang juga Ketua TP PKK Kecamatan Tallo Habriah Zainal, mengikuti swab test massal. Termasuk anggota tim gugus tugas covid-19 Kecamatan Tallo dari berbagai elemen, seperti anggota TNI, polri, Satpol PP dan seluruh staf se-Kecamatan Tallo.
Zainal Takko mengaku sengaja ikut tes untuk mengetahui apakah dirinya terjangkit virus corona atau tidak. Hal itu mengingat ditinya sebagai camat dan istrinya yang juga ketua TP PKK banyak berinteraksi dengan orang lain.
Tak kalah penting, yakni memberi motivasi sekaligus sebagai contoh kepada yang lain agar jangan takut. Karena dengan mengikuti swab test memiliki banyak manfaat untuk mengetahui status dari masing-masing individu seseorang.
Sekaligus sebagai langkah memutus mata rantai covid-19 di wilayah Kecamatan Tallo yang memiliki tingkat kewaspadaan penularan wabah virus corona. Terlebih bagi para pegawai pemerintahan yang memang sebagai pelayan publik diwajibkan sehat sepenuhnya.
“Dengan ikut tes ini menjadi langkah mendeteksi dini, karena hasilnya akan membuat kita semangat dan percaya diri dalam beraktivitas,” ujarnya.
Kemudian, lanjutnya, swab test dilakukan untuk antisipasi kemungkinan penyebaran virus. Jika ditemukan kasus positif, selanjutnya akan dilakukan tindakan preventif secepatnya.
“Kami berharap yang menjalani tes hasilnya negatif. Kemudian upaya pencegahan penyebaran virus corona ini akan efektif jika semua pihak memiliki tingkat kesadaran yang tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” tandasnya. (jun)

Komentar Anda





Comments
To Top
.