Metro

Memakmurkan Masjid Darussalam Melalui Jumat Berkah dan Bukber


MAKASSAR, BKM — Pengurus masjid dan pengurus Majelis Taklim Darussalam ORW 015 Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar kembali menunjukkan kekompakan dalam melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan. Mereka menggelar buka puasa bersama (bukber) serta Jumat Berkah, 24-25 September 2020.

Kegiatan diawali dengan buka puasa sunat Kamis, yang melibatkan pengurus masjid, majelis taklim serta warga dan jamaah. Sedikitnya 200 nasi dos dan 150 buah takjil disiapkan.

Usai salat magrib berjamaah dilanjutkan dengan santap malam bersama sambil menunggu waktu salat isya. Setelah salat isya, berlangsung pembacaan surat yasin yang dipandu oleh ustaz Muammar yang juga imam Masjid Darussalam. Sementara untuk Jumat Berkah, disiapkan kuliner khas 100 buah, beserta minuman teh dan kopi. Disuguhkan selepas salat subuh berjamaah.

Hj Andi Mufidah yang mengkoordinasikan kegiatan ini, mengatakan bukber serta Jumat Berkah Menurut dikemas dan terlaksana atas perpaduan antara para donatur, pengurus masjid dan MT Darussalam. Termasuk pemerintah setempat. Tujuannya untuk memantik jamaah agar tergerak hatinya meramaikan masjid dengan salat berjamaah.

”Jadi warga atau jamaah, baik yang berpuasa maupun tidak berpuasa, tidak perlu ragu-ragu apalagi malu-malu datang. Karena inti dari kegiatan ini adalah memakmurkan masjid,” ujarnya.

Ketua Pengurus Masjid Darussalam H Abdul Karim, berharap agar kerja sama seperti ini tetap terjalin dengan baik, serta selalu mendapat dukungan dari semua pihak, baik para donatur maupun pemerintah setempat.

Lebih jauh, purna bakti TNI ini menyampaikan rasa syukur karena selama kurang lebih empat tahun masa bakti, kepengurusan selalu berpikir dan berupaya untuk memakmurkan masjid. ”Dengan kerja sama yang baik semuanya menjadi kenyataan. Apalagi kegiatan seperti ini dikoordinir langsung oleh figur yang memang kompeten, serta memiliki pengalaman dengan kegiatan keagamaan,” terangnya.

Ny Darmawaty Lasunra selaku ketua MT Darussalam, menyampaikan terima kasih atas partisipasi ikhlas dari semua donatur bukber. ”Semoga makin berkah dan Masjid Darussalam makin makmur dan meningkat bersama jamaahnya,” imbuhnya.

Lebih jauh ia menyampaikan rasa syukurnya, karena sudah berpuluh tahun bermajelis, semakin terasa nilai silaturrahmi melalui kegiatan bukber dan Jumat Berkah. Baik sesama warga di kompleks Bumi Bosowa Permai maupun Minasa Upa blok L.

Hal senada disampaikan Sekretaris MT Darussalam Hj Rakhmaniar Basri. Ia menyebut bukber dan Jumat Berkah yang dilaksanakan, merupakan wujud sinergitas antara donatur, pengurus masjid dan MT Darussalam yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah setempat. ”Semoga kegiatan seperti ini berlanjut secara simultan sebagai upaya dalam merajut kebersamaan sesama jamaah guna memakmurkan masjid,” tuturnya.

Ketua ORW 015 Kompleks Bumi Bosowa Permai Minasa Upa Zainal Arifin, mengapresiasi positif kegiatan bukber dan Jumat Berkah ini. ”Mari bersama berubah menjadi lebih baik walaupun itu sulit. Karena sesuatu yang sulit itu akan menjadi mudah jika dilakukan secara perlahan,” jelasnya.

Lebih jauh dosen UNM ini berharap, semoga para donatur semakin diberkahi limpahan rezeki. Selanjutnya, sinergitas yang terbangun antara pengurus masjid dan MT Darussalam tetap istiqomah dengan apapun untuk kebaikan. ”Karena kegiatan seperti ini tidak pernah kita jumpai sebelum-sebelumnya,” kuncinya. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.