Gojentakmapan

Puluhan Tahun tidak Pernah Dapat Bantuan


Kadisdik Prihatin Kondisi Sejumlah SD di Bantimurung

KUNJUNGAN -- Tim gowes Disdik Kabupaten Maros melakukan kunjungan ke sejumlah SD di Bantimurung dengan menggunakan sepeda.

MAROS, BKM — Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Maros, HM Takdir, Sekdis, Ikbal Dwi, beserta para kepala bidang, pengawas TK, SD, dan SMP, serta para kepala sekolah SMP dan SD, melakukan gowes bersama ke sejumlah sekolah di Bantimurung.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat kondisi sarana dan prasarana gedung sekolah serta proses pembelajaran daring dan luring pasca–Covid 19 di enam sekolah di wilayah Bantimurung, masing-masing SD Nipanipa, SD Minasa Baji, SD Allu, SD Pakalu Dua, SD Kalabirang, dan SD Pakalu Satu, Sabtu (26/9). Dalam kegiatan ini, tim gowes Disdik menempuh jarak sekitar 35 kilometer pergi pulang (PP).
Takdir mengatakan, selain untuk berolahraga, sambil bersepeda, dirinya bersama tim juga bisa memantau sekolah-sekolah dalam rangka bersilaturahmi sambil memantau proses belajar mengajar.
Memantau sekolah dengan menggunakan sepeda, menurut Takdir, merupakan pekerjaan luar biasa. Sambil berolahraga juga bisa melaksanakan tugas. Rute yang dilewati tim gowes Disdik, start di kantor Disdik menuju arah Bantimurung dan singgah di sejumlah sekolah yang dilalui untuk bersilaturahmi kepada kepala sekolah dan guru-guru yang sekolahnya dilewatinya.
”Rombongan istirahat sejenak dan kami berkeliling sekolah untuk melihat secara langsung kondisi gedung sekolah dan proses pembelajaran pasca-pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia,” ujar Takdir.
Takdir memberi apresiasi kepada para guru dan kepala sekolah yang telah melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baiEnam sekolah yang dikunjungi dinilai sangat luar biasa yang telah mempersiapkan kelasnya menghadapi pembelajaran tatap muka, dengan menyiapkan tempat cuci tangan di depan kelas masing-masing.
”Dari enam sekolah dasar yang kami kunjungi, semuanya sangat bagus. Kebersihan kelas dan pekerangan sangat luar bisa,” sebut Takdir.
Sementara itu, Sekdis, Ikbal Dwi, saat dihubungi mengatakan, kegiatan berolahraga sepeda ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu. ”Gowes Disdik telah diagendakan setiap Sabtu. Sekaligus dijadikan momen untuk memantau sejumlah kegiatan yang ada di sekolah yang kita lewati,” kata Ikbal.
Dikatakan Ikbal, gowes Disdik yang sudah berjalan beberapa pekan ini membuat banyak manfaat. Sekolah yang sama sekali tidak pernah dikunjungi pejabat Disdik utamanya sekolah yang susah dijangkau kendaraan roda empat karena jalan menuju di sekolah tersebut sangat sempit.
”Dengan gowes ini, kami sudah bisa melihat kondisi sekolah SD Pakalu Dua. Gedungnya sudah tua, tapi dimanfaatkan ruang perpustakaaan dan UKS. Padahal, dindingnya sudah terkelupas habis hingga yang kelihatan hanya batu batanya.
”Sekolah SD Pakalu Dua kami kunjungi sudah puluhan tahun tidak pernah mendapat bantuan sarana dan prasarana ruang kelas. Tapi kami salut, meski bangunan tua gedung tersebut, tetap terawat dan bersih,” tutup Ikbal. (ari/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.