Headline

Residivis Curat Tumbang Ditembak


IST KASUS CURAT-Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Jufri Natsir merilis kasus curat tersangka ZN, Senin (28/9).

GOWA, BKM — ZN (27) tak jera berbuat kriminal. Residivis kasus pencurian dengan pemberatan (curat) ini pun kembali harus berurusan dengan polisi. Bahkan ia harus tumbang ditembak aparat yang memburunya.
ZN yang sehari-harinya berprofesi sebagai buruh harian lepas, berdomisili di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Petugas membekuknya di Jalan Baji Ateka, Kota Makassar, Jumat (25/9) pukul 03.00 Wita. Sekian lama ia bersembunyi setelah melakukan aksinya di sejumlah lokasi.
Saat beraksi, ZN berkendara sepeda motor. Sebelumnya, ia terlebih dahulu mengintai rumah yang dijasikan targetnya. ZN berkeliling, baik siang maupun malam hari.
“Setelah memastikan sasaran aman dan rumah tidak berpenghuni, tersangka kemudian melakukan aksinya. Ia mencungkil pintu rumah korban menggunakan dua buah obeng. Ada dua laporan pencurian yang diterima Polres Gowa atas kasus pencurian yang dilakukan tersangka,” terang Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Jufri Natsir, saat merilis kasus curat ini di halaman mapolres, Senin siang (28/9).
Disebutkan AKP Jufri, sasaran aksi tersangka yakni wilayah Kecamatan Pallangga dan Barombong. Diduga masih ada puluhan TKP lain yang menjadi lokasi kejahatan yang dilakukan, dan saat ini masih didalami.
Dijelaskan AKP Jufri Natsir, laporan kasus ini ditangani Tim Anti Bandit Polres Gowa bersama Unit Reskrim Polsek Barombong. Dua unit ini  melakukan penyelidikan dan didapatkan informasi tentang keberadaan pelaku di Jalan Baji Ateka, Makassar.
Saat tiba di TKP, tersangka mengetahui keberadaan petugas. Dia kemudian melarikan diri menggunakan sepeda motornya. Tim Anti Bandit pun melakukan pengejaran. Tersangka terus melarikan diri, hingga akhirnya dilepaskan tembakan secara terukur dan ZN tak lagi bisa berkutik.
Saat itu, tambah AKP Jufri, tersangka mencoba melakukan perlawanan dengan cara mengeluarkan busur dan mengarahkan ke arah petugas. Karena itulah ia dilumpuhkan, lalu kemudian digiring ke Mapolres Gowa.
Dari hasil interogasi, tersanmgka beraksi setelah menemukan target. Barang curian yang digasak dari rumah korban kemudian disimpan di kediamannya.
Dari penangkapan ZN ini, Tim Anti Bandit mengamankan satu unit sepeda motor dan berbagai barang bukti lainnya. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. (sar)

Komentar Anda





Comments
To Top
.