Metro

Dosen Unismuh Makassar Jadi Saksi Ahli Bahasa di Pengadilan


PINRANG, BKM — Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Amal Akbar menjadi saksi ahli dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Pinrang, Rabu (7/10). Ia dihadirkan dalam lanjutan sidang kasus dugaan vandalisme, dengan terdakwa AR (25), AF (25), AA (21), dan AL (22).

Amal Akbar dihadirkan oleh penasihat hukum terdakwa. Sebelumnya, jaksa penutut umum (JPU) menghadirkan saksi ahli bahasa.

Pada sidang sebelumnya, JPU menghadirkan seorang guru Bahasa Indonesia sebagai saksi ahli. Penasihat hukum terdakwa mempertanyakan kredibilitas saksi ahli tersebut karena latar belakang pendidikan saksi ahli tersebut tidak linear dengan bidang kebahasaan.

Sebelum memberikan kesaksisan, ketua majelis hakim meminta bukti surat tugas sebagai bukti legalitas kepada saksi ahli. Dalam persidangan, Amal Akbar yang bertindak selaku saksi ahli kemudian dimintai penjelasan terkait barang bukti berupa dokumentasi coretan di tempat umum ang tersebar di beberapa tempat di pusat kota Pinrang.

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Unismuh Makassar tersebut, menjelaskan bahwa setiap teks yang dihadirkan sebagai barang bukti harus dianalisis secara mendalam. Sebab setiap teks tidak bisa berdiri sendiri. ”Ada konteks yang membangun teks tersebut,” ujarnya.

Saksi ahli juga menemukan kejanggalan dari beberapa barang bukti. Ada perbedaan gaya menulis, jenis huruf, dan hasil penyemprotan cat  warna, sehingga harus diselidiki lebih jauh kebenaran barang bukti tersebut. Sebab lokasi media tulisan berada di tempat umum yang memungkinkan tulisan tersebut ditulis oleh orang lain.

Akademisi yang juga intens mengkaji sosiologi bahasa tersebut, juga mengemukakan bahwa barang bukti berupa teks tidak boleh ditafsirkan secara tekstual semata.

”Sebab ada struktur yang membangun teks tersebut termasuk struktur sosial. Jika barang bukti berupa teks tersebut hanya diartikan secara tekstual, maka bisa saja menimbulkan terjadinya miscarriage of justice,” terangnya. (*)

Komentar Anda





Comments
To Top
.