Metro

Mahasiswa Fakultas Peternakan Unhas Ikuti Sertifikasi Uji Kompetensi BNSP


Pembukaan pelaksanaan Program Sertifikasi Uji Kompetensi di Fakultas Peternakan 9 Oktober 2020 lalu.

MAKASSAR, BKM — Fakultas Peternakan Unhas bekerjasama Lembaga Sertifikasi Profesi Peternakan Indonesia (LSP-PI) dan Politeknik Pertanian Pangkep mengadakan Program Sertifikasi Uji Kompetensi di Fakultas Peternakan 9 Oktober 2020 lalu.

Kegiatan ini didukung oleh Direktorat Alumni dan Penyiapan Karier Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas. Sebanyak 68 mahasiswa tingkat akhir dan 22 dosen mengikuti sertifikasi ini dengan skema Fasilitator Penyuluh Pertanian dan skema Formulator Pakan.

Sertifikasi Uji Kompetensi didahului dengan sosialisasi program sertifikasi ini oleh Ahmad Daud, ST. M.Si sebagai Lead Asesor LSP – PI pada tanggal 7 Oktober 2020 secara virtual melalui Zoom.

Selanjutnya dilaksanakan kegiatan Sertifikasi Uji Kompetensi (9/10/2020) dengan protokol kesehatan.

Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof Dr Ir Lellah Rahim MSc IPU dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin terus menerus melakukan upaya memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menjamin kualitas dan kompetensi peserta didik dalam hal ini kompetensi mahasiswa dalam pencapaian lulusan sesuai dengan profil lulusan / alumni yang unggul.

Kegiatan sertfikasi uji kompetensi ini, kata dia, merupakan langkah nyata dalam menyiapkan alumni yang memiliki kompetensi kerja sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Peternakan Unhas Prof Dr Ir Jasmal A Syamsu, M.Si, IPU, ASEAN Eng sebagai pengelola pelaksanaan uji kompetensi menyampaikan bahwa uji kompetensi peserta dibagi dalam 10 ruang kelas dan di Pabrik Pakan Laboratorium Teknologi dan Industri Pakan untuk ujian tulis dan uji observasi.

Untuk skema Fasilitator Penyuluh Pertanian, lanjut Prof Jasmal, terdapat 5 unit kompetensi yang diujikan. Sementara untuk skema Formulator Pakan terdapat 10 unit kompetensi yang diujikan.

Di akhir acara dilaksanakan verifkasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Peternakan Unhas yang diusulkan menjadi TUK bagi LSP PI sebagai LSP yang berlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

“Kedepannya TUK Fakultas Peternakan bisa menjadi tempat uji kompetensi bidang peternakan sepert skema pengawas mutu pakan, fasilitator pakan, inseminator buatan, pengawas bibit ternak, butcher, dan juru penyembelih halal, dan skema lainnya,” papar Jasmal.

Kasubdit Penyiapan Karier Unhas Dr Ir Andi Amidah Amrawati S.Pt, MSi, IPU menyampaikan apresiasi yang tinggi atas upaya yang dilakukan Fakultas Peternakan dengan melakukan uji kompetensi dengan memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat kompetensi melalui proses sertifikasi oleh LSP-PI, yang akan berguna bagi lulusan dalam penyiapan karier di dunia kerja. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.