Gojentakmapan

Polres Gowa Simulasikan TFG


SIMULASI -- Salah satu perwira lingkup Polres Gowa mensimulasikan pola pengamanan satuannya dalam TFG.

GOWA, BKM — Kepolisian Resort (Polres) Gowa mensimulasikan Tactical Floor Game (TFG). Kegiatan ini untuk memberi pemahaman kepada perwira pengendali lapangan tentang cara bertindak dalam menghadapi aksi unjukrasa penolakan RUU Cipta Kerja
yang beberapa hari ini bergolak.
Dalam TFG ini, setiap perwira pengendali melakukan simulasi sesuai tugas yang diemban sebagai langkah upaya pencegahan dalam pengamanan aksi unjukrasa. Khususnya dalam menempatkan dan menggerakkan pasukan saat menghadapi aksi massa.

Kegiatan simulasi ini tidak hanya melibatkan para perwira Polres Gowa namun juga Pasi Ops dan dua Danramil dari Kodim 1409 Gowa juga dihadirkan.

Pada pelaksanaan TFG, Senin pagi (12/10) pukul 08.00 Wita di halaman Mapolres, Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola dan Wakapolres, Kompol Muh Fajri dengan seksama mendengarkan seluruh perwira sebagai simulator.

”Tujuan dilakukannya TFG ini untuk memberikan gambaran kepada setiap perwira yang memimpin personel pengamanan di lapangan agar dapat menguasai SOP dalam  menghadapi aksi penolakan RUU Cipta Kerja. Dalam simulasi ini, setiap perwira yang bertanggungjawab dalam menggerakkan pasukannya  mensimulasikan pengamanan seperti kejadian nyata melalui sarana yang telah disiapkan,” jelas Kapolres AKBP Boy FS Samola.

Simulasi yang digelar menggunakan skenario dalam kondisi aman hingga terjadinya aksi anarkis.

”Saya berharap, dengan dilakukannya simulasi ini seluruh perwira pengendali lapangan baik dari Polres maupun Kodim 1409 dapat memahami tahapan dalam penanganan aksi unjukrasa guna menghindari kesalahan prosedur,” tegas Kapolres Gowa.

Kapolres Gowa juga berharap dalam menangani aksi unjukrasa, para personel harus humanis dan bahkan tidak dibolehkan membawa senjata api.

Melihat perkembangan situask saat ini, perwira kelahiran Sulawesi Utara ini meminta para personel paham tugas dan fungsinya.
Diakuinya, wilayah hukum Polres Gowa hingga saat ini dalam keadaan aman dan kondusif.

(sar)

Komentar Anda





Comments
To Top
.