Gojentakmapan

KPU Berlakukan WFH


MAROS, BKM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros memberlakukan Work From Home (WFH) bagi sebagian besar pegawainya. Menyusul dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lembaga penyelenggara Pemilu tersebut dinyatakan positif Covid-19, pada Jumat pekan lalu (9/10). Mereka yang terpapar adalah satu orang Kasubag dan satu lagi staf biasa di kantor tersebut.
Anggota komisioner KPU Kabupaten Maros Devisi Program dan Data, Melany, menjelaskan, pemberlakuan WFH dimulai dari hari Sabtu lalu, sehari setelah pemberitahuan tim gugus tugas terkait adanya staf di kantor tersebut yang terpapar Covid.
”Setelah dilakukan swab beberapa waktu lalu, ternyata ada staf yang terpapar Covid. Maka keesokan harinya dilakukan WFH. Tak hanya itu, tim gugus tugas juga sudah melakukan penyemprotan di seluruh ruangan di kantor itu. Sehari setelah itu, kami juga kembali melakukan penyemprotan,” jelasnya kepada wartawan, kemarin.
Pemberlakuan WFH ini dilakukan selama tiga hari. Hal ini untuk meminimalisir penularan Covid. Meski begitu, tidak semua staf dan komisioner di-WFH-kan.
Mengingat persiapan tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2020 tidak dapat ditunda. Apalagi, kata dia, tanggal 15 Oktober ada kegiatan perektrutan KPPS. Sehingga yang bertugas untuk kegiatan tersebut tetap harus berkantor.
”Jadi ada memang beberapa pegawai yang menjalani WFH. Tapi ada juga tetap berkantor. Karena ada beberapa tahapan KPU yang tetap harus berjalan. Salah satunya adalah perekrutan KPPS yang sementara berjalan,” jelasnya.
Sementara itu, pemberitahuan terkait hasil swab massal yang dilakukan sekitar 46 orang jajaran staf KPU, serta komisioner KPU dilakukan tim gugus, langsung kepada staf yang terpapar Covid. Yang bersangkutan juga kata dia telah menjalani isolasi mandiri.
”Kita tahu infonya dari pasien sendiri yang memberitahukan kepada kami. Karena tim gugus tidak memberitahukan ke KPU, siapa-siapa yang terpapar Covid. Mereka langsung menghubungi orang yang terpapar Covid. Informasinya mereka yang positif sudah diberikan vitamin dari tim gugus tugas,” jelasnya. (ari/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.