Sulselbar

Disprapar Latih Pengelola Homestay


AA Hamka

PAREPARE, BKM — Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pemkot Parepare menggelar pelatihan manajemen homestay bagi 40 orang peserta yang terdiri dari kalangan masyarakat, pengelola homestay dan duta pariwisata
di Hotel Satria Wisata Parepare, Kamis (15/10).
Pelatihan guna mendorong terciptanya lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal yang membutuhkan lapangan kerja ditengah pandemi covid-19. Kegiatan dibuka Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim. Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan pelatihan berlangsung (15-17/10) bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik Kemenpar tahun anggaran 2020 gunamenumbuhkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan homestay.
“Kami berharap homestay tumbuh menjadi salah satu penghasilan baru di Kota Parepare,” ujar Hamka.
Hamka menguraikan, pelatihan yang pelaku home stay yang sukses di Kota Makassar sebagai salah satu pemateri untuk membimbing masyarakat dalam memenej dan menyulap rumah pribadi mereka menjadi homestay.
“Kita mendorong masyarakat Parepare menjadikan rumahnya berpenghasilkan dengan homestay. Kita latih dengan melibatkan pemateri dari Politeknik Kepariwisataan dan pengelola homestay yang telah berhasil di Kota Makassar,” imbuhnya.
Pengembangan homestay di Kota Parepare menyeimbangkan destinasi wisata dan even kepariwisataan di Parepare, salah satu di antaranya Festival Salo’ Karajae.
Pembawa materi Kurnia Yusniar Rahman. S.Sos, M.Si saat memaparkan maerinya mengatakan begitu banyak yang menonjol di Kota Parepare tapi warganya itu bisa menganggap biasa saja karena sering melihatnya sumber yang menarik bagi pengunjung. (mup/C).

Komentar Anda





Comments
To Top
.