Metro

DLH tak Mau Simpan Pot di Lokasi Strategis


Hindari Pengrusakan Saat Aksi Demo

MAKASSAR, BKM — Tindakan anarkisme, vandalisme atau perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni serta barang kerap terjadi dan tak dapat dihindarkan dalam sebuah aksi demontrasi. Sasaran perusakan biasanya adalah fasilitas dan sarana umum. Termasuk taman hingga tempat tanamannya.

Aksi demonstrasi yang terjadi sebelum-sebelumnya, menyebabkan pot-pot bunga besar yang disimpan di sejumlah lokasi yang kerap menjadi titik demo, seperti depan DPRD Sulsel dirusak. Padahal anggaran yang dikeluarkan untuk itu cukup besar.
Berkaca pada pengalaman sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, tidak lagi menempatkan pot-pot bunga besar di lokasi strategis yang kerap menjadi tempat demonstrasi.
Pada aksi demonstrasi menolak UU Cipta Karya beberapa hari lalu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, tidak menemukan adanya kerugian.
Padahal demo yang menolak Omnibus Law Cipta kerja tersebut berlangsung beberapa hari yang menghadirkan ribuan massa dari berbagai kalangan.
Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau DLH Makassar, Bahar Cambolong, mengatakan, hal itu lantaran titik aksi di depan Gedung DPRD Sulsel tidak ada lagi pot yang terpasang, hanya dipenuhi pohon peneduh.
“Tidak adaji kerusakan, kalau pot tidak adaji yang rusak karena sudah permanen semua,” ungkapnya Barcam sapaan akrabnya.
Menurutnya, keputusannya untuk tidak memasang pot di titik rawan aksi dinilai sudah tepat. Di mana sepanjang jalan Urip Sumoharjo hanya dipenuhi pohon peneduh.
“Belum ada, tidak adaji (kerugian). Karena semua pohon besar ji. Tahun lalu kan pot pot bunga itu mengalami kerusakan,” bebernya.
“Sekarang tidak adami, karna tidak adami pot di atas Fly over. Semua permanen,” tambahnya.
Barcam menilai pohon peneduh yang ditanam di dekat kantor DPRD Sulsel tidak akan dirusak oleh massa aksi. Mengingat ukurannya yang besar.
“Untuk sementara aman, tidak ada kerugian karena pohon besar semua. Pohon peneduh semua yang penuhi di pinggir jalan. Tidak mungkin dia mau kasi roboh,” pungkasnya. (rhm)

Komentar Anda





Comments
To Top
.