Metro

GenBI Unhas Gelar Webinar untuk Bantu UMKM Bangkit di Era New Normal


GenBI Komisariat Unhas menggelar webinar tentang kewirausahaan yang membahas masalah UMKM, Minggu (18/10/2020).

MAKASSAR, BKM — Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar webinar kewirausahaan dengan tema “Substaining and Developing Business in the New Normal Era”, Minggu (18/10/2020).

Pelaksanaan webinar kewirausahaan ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan menginspirasi pelaku UMKM maupun masyarakat umum di Kota Makassar dan sekitarnya dalam memulai dan mengembangkan usaha di tengah situasi pandemi Covid-19 dan new normal era.

Panitia memaparkan,  peran UMKM atau Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara dinilai penting.

UMKM, menurut panitia memiliki kontribusi besar dan krusial bagi perekonomian Indonesia karena perannya sebagai kontributor terhadap produk domestic bruto (PDB). Sepanjang 2019, tercatat UMKM menyumbang 60% PDB dan berkontribusi 14% pada total ekspor nasional.

Di tahun 2020 UMKM menghadapi berbagai persoalan akibat pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan penjualan, terhambatnya distribusi, terhambatnya kegiatan pemasaran, menurunnya jumlah produksi hingga pemutusan hubungan kerja.

Kebijakan physical distancing ini menuntut pelaku UMKM untuk menguasai pemasaran secara digital (digital marketing) dan mengelola keuangan dengan baik.

Di lain sisi, manajemen keuangan (financial management) yang baik akan membantu UMKM dalam membantu arus kas usaha selama pandemic Covid-19 maupun saat era new normal.

Hal inilah yang menjadi alasan digelarnya GenBI Business Coaching (Gen-Bucin) . Kegiatan ini terdiri dari materi umum dan dua materi khusus yaitu digital marketing dan financial management . Melalui materi tersebut, para pelaku UMKM di Kota Makassar diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu dalam usahanya.

Adapun yang menjadi pemateri pada kegiatan ini adalah Abu Sufyan (Asisten Manajer Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan), Dr. H. Muhammad Sobarsyah, S.E., M.Si (Dosen Manajemen Keuangan Unhas), dan Zulkifli. AT (Founder Sahaba Kreatif).

Kegiatan ini diikuti oleh 150 partisipan dan dalam kegiatan ini peserta webinar juga mendapatkan doorprize dan hadiah menarik pada games yang disediakan oleh panitia pelaksana.

Salah satu peserta, Nadia Ekananda dari Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas) menyampaikan tanggapannya mengenai kegiatan GenBI Business Coaching (Gen-Bucin) ini.

“Saya merasa puas dengan adanya Webinar Kelas Kewirausahaan ini, karena sangat membantu saya dalam menjalankan bisnis saya. Apalagi narasumber yang memberikan materi sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya, semoga saya bisa mengaplikasikan ilmu tersebut dalam bisnis saya. Dan saya berharap semoga kedepannya GenBI Komisariat Unhas bisa mengadakan webinar yang lain dan juga bermanfaat untuk banyak orang,” ungkapnya.

“Terima kasih banyak atas kegiatan seminarnya dihari ini” kata peserta lainnya. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.