Headline

Pusing Banyak Tugas, Siswi SMA Minum Racun


GOWA, BKM — Tak ada yang pernah menyangka jika M akan pergi begitu cepat. Termasuk dengan caranya menjemput ajal. Gadis berparas manis berusia 16 tahun ini mengakhiri hidupnya dengan cara menenggak cairan insektisida untuk hama tanaman.
Tewasnya M langsung membuat keluarganya di Dusun Bontote’ne, Desa Bilalang, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa histeris. Tubunya ditemukan terbujur kaku di kolong tempat tidurnya. Mulutnya dipenuhi dengan busa.
Peristiwa ini menggemparkan warga sekitar, Sabtu (17/10) pukul 08.30 Wita. Tidak jauh dari tubuh gadis malang ini didapati cairan beracun.
Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan, membenarkan adanya peristiwa tersebut. Namun, ia mengatakan bahwa kasusnya ditangani Polsek Manuju.
“Iya benar, tapi silakan hubungi langsung kapolsek Manuju. Kasusnya ditangani langsung Polsek Manuju,” ujarnya.
Dihubungi terpisah, Kapolsek Manuju Ipda Jamaluddin, mengiyakan kejadian itu. Kata dia, korban meninggal dunia diduga setelah meminum racun merek Dangke.
” Korban meninggal diduga karena minum insektisida. Sisa racun tersebut masih ada ditemukan di bawah tempat tidurnya,” kata Ipda Jamaluddin.
Ia menjelaskan, mayat korban pertama kali ditemukan oleh adiknya. Kaget dengan kondisi kakaknya, sang adik lalu memanggil tantenya. “Korban sudah dalam keadaan meninggal dunia saat ditemukan di bawah tempat tidur, dengan kondisi mulut mengeluarkan busa,” terang kapolsek.
Jazad M tidak diotopsi, karena pihak keluarga menolak. Alasannya, mereka sudah mengikhlaskan kepergian anak gadis yang dikenal periang itu. ”Keluarga menolak jasad korban untuk diotopsi. Mereka telah ikhlas menerima kejadian ini,” jelas Ipda Jamaluddin.
Sehari sebelum mengakhiri hidupnya, M diketahui sempat membuat sebuah pesan status di WhatsApp miliknya. Pada status WhatsApp nama aku Mita Bonte tersebut tertulis seperti ini; Diseriusin malah bermain….calon mayat Itta”. Pesan status ini diunggah dengan postingan foto dirinya berhijab biru navy serta berbaju hitam.
Tidak ada yang tahu apa sebenarnya persoalan yang dialami M. Namun salah satu keluarganya menyebutkan, M pernah mengeluhkan tak sanggup menghadapi tugas-tugas sekolahnya. Hal lain adalah seringnya M bermimpi melihat orang dimandikan seperti orang meninggal.
“Iya, dari ungkapan keluarganya, dia (M) pernah mengeluhkan banyaknya tugas-tugas sekolah yang membuatnya pusing. Selain itu, kata keluarganya, korban juga pernah mengeluh sering bermimpi melihat orang dimandikan, seperti orang meninggal,” jelas Kapolsek Ipda Jamaluddin.
Kedua orangtua almarhumah, Dg Tutu dan ibunya Dg Sanang, tidak pernah menyangka putrinya akan menghabisi hidupnya dengan cara tragis. Dg Tutu memang pernah mendengar anak sulungnya ini mengeluhkan soal tugas-tugas, yang menurut korban cukup banyak. Tapi ia tidak pernah menyangka putrinya yang kini duduk di bangku kelas dua SMA itu akan minum racun karena persoalan tersebut. (sar)

Komentar Anda





Comments
To Top
.