Sulselbar

219 Lansia Terlantar di Bantaeng


BANTAENG, BKM — Kepala Dinas Sosial Bantaeng, Syamsir, Senin (19/10), mengungkapkan, adanya warga terlantar di kabupaten yang berjuluk “Butta Toa”. Kata dia, warga terlantar yang dimaksud terdiri dari lanjut usia (lansia) dan anak-anak.
Dipaparkan Syamsir, berdasarkan penetapan data oleh pemerintah desa dan kelurahan, terungkap ada 219 lansia dan 8 anak yang terlantar.
Menurut Kadis, data tersebut mencakup seluruh wilayah Kabupaten Bantaeng dan sudah dilaporkan ke Bupati. “Data ini sudah kami laporkan ke pak Bupati”, akunya.
Selanjutnya, kata Kadis, Bupati langsung menyikapi dan segera memberikan perhatian khusus untuk menangani lansia dan anak terlantar tersebut. “Alhamdulillah, pak Bupati langsung merespon dan segera akan mengeluarkan kebijakan untuk penangannya”, terang Syamsir.
Dijelaskan Kadis, para lansia ini tidak ada yang merawatnya secara khusus disebabkan beberapa hal. Diantaranya, tidak punya kerabat dan ada yang berjauhan dengan anaknya.
Kalaupun anaknya tinggal sekampung dengannya, si anak bukannya tidak berbakti sehingga tidak merawat orang tuanya, tapi karena mereka juga hidup serba kekurangan.
Kadis mengatakan, selain menanti kebijakan Bupati, pihaknya juga menggugah masyarakat sekitar agar menumbuhkan kepekaan sosialnya untuk peduli terhadap sesama. “Kami berharap ada kepedulian sosial dari masyarakat sekitar”, tutupnya. (wam/C)

Komentar Anda





Comments
To Top
.