Metro

Dibongkar Dua Bulan, Renovasi 18 Bulan


Pembangunan Stadion Mattoanging Dimulai Awal 2021

IST-BKM/CHAIRIL BONGKAR STADION-Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah mengoperasikan kendaraan berat jenis eskavator yang mengawali dimulainya pembongkaran Stadion Mattoanging, Rabu (21/10).

MAKASSAR, BKM — Gedung lawas Stadion Mattoanging akhirnya dirubuhkan. Proses pembongkarannya dengan menggunakan alat berat jenis eskavator dilakukan, Rabu (21/10). Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah yang memulainya.
Ditemui di sela-sela pembongkaran, Nurdin menargetkan pembangunan kembali stadion ini paling lama 18 bulan dengan anggaran sebesar Rp1 triliun. Kata dia, stadion kebanggaan masyarakat Sulsel ini direhabilitasi menuju stadion berstandar FIFA, menjadi sport center dan untuk pelaksanaan berbagai event olahraga internasional.
“Hari ini (kemarin) kita bismillah memulai pembangunan stadion olahraga Mattoanging Andi Mattalata. Mudah-mudahan ini langkah baik untuk kita semua. Hari ini juga akan dimulai pembongkaran stadion ini,” kata Nurdin.
NA menyebutkan, sejauh ini terkait anggaran yang disiapkan Pemprov Sulsel tidak ada permasalahan. Menurutnya, pembangunan Stadion Mattoanging nantinya berstandar internasional dan akan dimulai awal 2021.
“Kita mulai dari stadion. Saya kira juga akan bergeser sedikit, biar lebih luas jogging tracknya. Jadi jogging tracknya ada dua, di atas dan di bawah. Pokoknya modern,” paparnya.
Olehnya itu, Nurdin meminta agar proses pembongkaran dilakukan selama dua bulan. Setelah selesai, proses rehabilitasi akan terus berjalan dalam dua tahun anggaran.
Adapun anggaran yang dihabiskan untuk pembongkaran stadion Mattoanging sebesar Rp1,313 miliar, naik sedikit dari harga penawaran Rp1,2 miliar.
“Dua bulan rencana pembongkaran. Insyaallah bisa diselesaikan dan kita lanjutkan pembangunan fisik. Kita juga sudah siapkan multiyears. Jadi satu kali tender sampai selesai. Harapan kita awal 2020. 18 bulan paling lama,” terang Nurdin Abdullah.
Ketua Yayasan Stadion Mattoanging Andi Ilhamsyah Mattalatta, menegaskan bahwa pihaknya memberikan keleluasaan kepada Pemprov Sulsel untuk melakukan renovasi.
“Seperti kesepakatan pada Februari lalu bahwa kita (YOSS) bersama-sama pemerintah melakukan renovasi, dan saya komitmen dengan apa yang sudah kami sampaikan,” ujar Ilham.
Sementara untuk pengelolaannya, kata Ilham, akan diserahkan ke YOSS. Akan tetapi, untuk hal tersebut dirinya belum bisa memastikan, lantaran pengerjaan renovasi Stadion Mattoanging masih membutuhkan waktu yang cukup panjang.
“Seperti yang dibilang Pak Gub akan diserahkan ke YOSS. Tetapi itu kan masih panjang. Nanti selesai baru kita kelola,” tutupnya. (nug)

Komentar Anda





Comments
To Top
.