Sulselbar

Inovasi Pelayanan Publik Harus Cepat


MALILI, BKM — Hakikat pelayanan terbaik itu harusnya cepat dan terjangkau. Itulah pentingnya inovasi untuk memudahkan pelayanan sehingga publik merasakan manfaat hadirnya pelayanan yang efektif, efisien dan terjangkau.
Pjs Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas saat membuka kegiatan pendampingan Inovasi Pelayanan Publik yang diikuti para Kepala OPD, Camat dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Luwu Timur di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Senin (26/10).
Jayadi mengatakan, sejak dilantik sebagai Kadis Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Sulsel hal yang pertama dirinya benahi adalah pelayanan perizinan harus berbasis aplikasi. Tujuannya agar mengurangi antrian dan memudahkan masyarakat memanfaatkan pelayanan.
“Inilah pentingnya inovasi. Saya ingatkan staf saya agar membuat aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengurus perizinan. Alhamdulillah sudah berhasil saya lakukan dan kini semuanya bekerja berbasis sistem. Jadi dimanapun saya berada, pekerjaan tidak ada lagi kendala karena semua bentuk perizinan sudah berjalan sesuai sistem,” jelasnya.
Disinilah pentingnya inovasi untuk di hadirkan. Tidak perlu hal baru, namun inovasi bisa di kembangkan dari hal yang sudah ada. Kabag Organisasi Setdakab Luwu Timur, Asmasari mengatakan, Pemerintah melakukan beberapa langkah kebijakan dengan menetapkan gerakan “One Agency One Innovation” atau gerakan satu instansi satu inovasi guna mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan.
“Satu instansi satu inovasi adalah gerakan yang mewajibkan kepada setiap Pemerintah daerah untuk menciptkan minimal satu inovasi pelayanan publik setiap tahunnya,” jelasnya. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.