Headline

Terapkan Tatatan Normal Baru dalam Pengawasan Pilkada


Ketua Bawaslu Soppeng Winardi

PEMILIHAN kepala daerah (pilkada) di tengah masih berlangsungnya pandemi, membuat pengawasan yang dilakukan cukup berbeda dengan sebelumnya. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun melaksanakan tugas dan kewenangannya berdasarkan regulasi yang ada.

KETUA Bawaslu Kabupaten Soppeng Winardi, mengakui bahwa dalam tahapan pilkada serentak 9 Desember 2020, semua rangkaiannya menitikberatkan pada protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19. Baik dalam pelaksanaan kampanye oleh pasangan calon, maupun kegiatan teknis lainnya.
”Karena saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19, protokol kesehatan menjadi hal utama yang patut diperhatikan. Tatanan normal baru harus menjadi pedoman. Apalagi sudah dituangkan dalam bentuk regulasi,” ujar Winardi.
Menurutnya, walau pilkada Soppeng hanya diikuti satu pasangan calon (paslon), namun pihaknya tidak ingin lengah. Pengawasan sesuai peraturan perundang-undangan mutlak diterapkan. Termasuk terhadap kolom kosong (koko).
”Semua diberlakukan sama. Meski kolom kosong bukan pasangan calon, namun dalam pengawasannya tetap diperlakukan sama. Koko juga punya hak untuk dipilih,” jelas mantan ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lalabata ini.
Apa yang dilakukan Winardi, tidak terlepas dari alasannya ia bergabung di Bawaslu. Dirinya ingin melihat pelaksanaan pemilihan berlangsung secara fair, berdasarkan azas pemilu, yakni luber dan jurdil.
”Karena itu, selama menjadi komisioner Bawaslu, yang kami lakukan adalah senantiasa membangun kerja sama dengan stakeholder demi terciptanya pemilu yang bermartabat, aman, dan kondusif, serta melaksanakan pengawasan dengan pencegahan dan penindakan berdasarkan regulasi yang ada,” terangnya.
Kebersamaan bersama komisioner lain, serta mereka yang terlibat langsung dalam proses pengawasan, diakui Winardi sebagai hal yang berkesan selama menjadi ketua KPU. Pada saat melaksanakan pengawasan di lapangan, mereka pun saling support satu sama lain. Dengan cara seperti itu, pelaksanaan rangkaian pemilihan di daerah ini bisa berlangsung sesuai yang diharapkan. (ono/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.