Connect with us

Kriminal

Adu Strategi Elite Lembaga Survei Pilpres di Pilwali

-

MAKASSAR, BKM — Kontestasi pemilihan wali kota (Pilwali) Makassar tidak hanya menjadi ajang pertarungan para pasangan calon maupun tokoh atau the king maker. Tapi juga menjadi adu strategi pendiri lembaga survei dan konsultan pemenangan yang selama ini memotret pasangan calon presiden dan wakil presiden, hingga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.
Lembaga survei nasional bekerja sama dengan lembaga survei regional maupun lokal, akan memperlihatkan kemampuannya dalam memenangkan pasangan calon yang diusung dan didukung 16 partai politik pada pilwali Makassar 9 Desember mendatang
Ada belasan lembaga survei dan konsultan pemenangan pilpres, pilgub dan pilbup, serta pilwali yang akan terlibat untuk memenangkan pasangan calon di pilwali Makassar.
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar nomor urut satu Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) dikabarkan melibatkan Saiful Mujani Recearch Center (SMRC) dengan Deni Irvani sebagai manajer riset.
Untuk lembaga lokal dan regional, pasangan Adama juga didampingi lembaga Celebes Recearch Center (CRC) milik Herman Hezer. Paslon Danny-Fatma diusung oleh Partai Nasdem dan Gerindra, serta didukung oleh Partai Gelora.
Sementara untuk pasangan calon nomor urut dua Munafri Arifuddin dan Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman), disebut tengah didampingi oleh Choel Mallarangeng dari Fox Indonesia. Paslon ini juga pernah didampingi oleh Eep Saifulloh Fatah dari lembaga survei nasional PolMark.
Untuk lembaga lokal dan regional, pasangan Appi-Rahman ditangani lembaga Indeks Politika Indonesia (IPI) dan Profetik Institute, serta General Survei Indonesia (GSI). Partai politik yang mengusung Appi-Rahman yakni Demokrat, PPP, Perindo serta didukung oleh PSI.
Adapun paslon nomor urut tiga Samsul Rizal dengan dokter Fadli Ananda, ada kabar yang menyebut pasangan dengan akronim Dilan ini melibatkan Denny JA dari PT Lingkaran Survei Indonesia melalui Citra Komunikasi (Cikom), anak perusahaan PT LSI di bawah pimpinan Toto Izzul Fattah.
Soal hasil survei pasangan Dilan, Toto Izzul Fatah yang dikonfirmasi mengaku belum ada. “Belum ada survei,” ucap Toto Izzul Fattah, Selasa (3/11).
Sementara lembaga pendamping dilibatkan Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dipimpin Ras MD, serta Batuputih Syndicate.
Pasangan Dilan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Terahir, pasangan nomor urut empat Irman Yasin Limpo dan Andi Zunnun Nurdin Halid dikabarkan pernah melibatkan Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang digawangi Popon Lingga Geni.
Popon yang dihubungi soal hasil survei pasangan dengan tagline Imun ini, mengaku belum ada hasil survei. “Belum ada mas,” ujarnya singkat, kemarin.
Pasangan yang diusung oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga didampingi lembaga lokal, yakni Adhyaksa Supporting House (ASHO) dan Lensa Indonesia.
SMRC, PolMark, CRC, PPI, IPI, GSI dan Profetik telah memaparkan hasil surveinya. Sedangkan lembaga lain belum mempublisnya.
Jika SMRC mengunggulkan pasangan Danny-Fatma, maka PolMark mengunggulkan pasangan Appi-Rahman.
Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Farouk M Betta yang dimintai tanggapannya soal lembaga survei yang mendampingi Imun, mengaku tidak mengetahui. “Saya tidak tahu lembaga yang mendampingi,” ujar Farouk yang pernah menjabat sebagai ketua DPRD Makassar ini. (rif)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini