Connect with us

Headline

Empat Paslon Pilwali Siap Debat

Besok, KPU Makassar Gelar di Jakarta

-

MAKASSAR, BKM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengagendakan menggelar debat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, Sabtu (7/11) esok. Lokasinya tidak di daerah ini, melainkan di Jakarta.
Sementara KPU Kabupaten Bulukumba, akan melaksanakan debat pasangan calon bupati dan calon wakil bupati hari ini, Jumat (6/11). Tempatnya bukan di Bulukumba, tapi di Makassar.
Persiapan pun telah dimatangkan. KPU Makassar telah melakukan technical meeting dengan LO masing-masing paslon.
Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar mengakui, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak. Selain itu, juga telah menentukan lima panelis sesuai topik debat.
“Alhamdulillah, sudah sangat siap. Koordinasi dengan berbagai pihak sudah selesai. Mulai dari pengamanan, dengan LO paslon, panelis, dan TV tempat pelaksanaan debat,” ujar Gunawan, Kamis (5/11).
Ia menegaskan, pelaksanaan debat akan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19. Olehnya itu, pengarahan terkait hal tersebut disampaikan kepada LO paslon.
Untuk jumlah peserta yang bisa masuk dalam area debat, menurut Gunawan, dibatasi maksimal 36 orang. Terdiri dari empat pasangan calon yang masing-masing hanya membawa tiga orang tim sukses. Lalu lima orang komisioner KPU Kota Makassar. Kemudian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar dua orang, dan panelis lima orang, serta moderator.
Tema debat pertama pilwali Makassar akan mengangkat persoalan sosial, budaya, pendidikan, keamanan, lingkungan, transportasi, dan toleransi. “Temanya sudah kami tentukan. Tinggal bagaimana pelaksanaannya di Jakarta,” ucapnya.
Lantas bagaimana kesiapan pasangan calon untuk menghadapi sejumlah pertanyaan dari rival? Juru bicara pasangan nomor urut satu Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma), Indira Mulyasari Paramastuti menegaskan bahwa usungannya sangat berpengalaman.
Menurutnya, pasangan Danny-Fatma hadir dengan bekal pengalaman, paling siap menghadapi tiga paslon lawan beserta panelis. Indira mengklaim, dibanding paslon lainnya, Danny-Fatma memiliki segudang bekal pengalaman.
Bukan sekadar di bidang pemerintahan saja, tapi di dunia bisnis Danny-Fatma juga sangat mumpuni. Danny bukan hanya pernah menjabat wali kota Makassar dengan raihan banyak prestasi dan penghargaan, namun juga memiliki karya-karya prestisius sebagai arsitek yang tersebar pada beberapa kota di Indonesia.
“Insyaallah pasangan Adama siap menghadapi debat, baik dalam memaparkan visi misi sesuai pertanyaan panelis, maupun pernyataan-pernyataan yang dianggap penting dalam debat nanti,” ujar Indira Mulyasari, kemarin
Selain Danny, politisi Nasdem Makassar ini menambahkan, Fatma Rusdi juga memiliki pengalaman sebagai anggota DPR RI, sekaligus memimpin perusahaan di bidang pelayaran. Fatma juga memahami peran pengorganisasian di daerah, dengan pengalamannya sebagai ketua TP PKK saat mendampingi suaminya Rusdi Masse sebagai bupati Sidrap dua periode.
“Kami berharap debat akan berjalan dengan lancar. Kami percaya diri akan itu. Pak Danny dan Ibu Fatma sama-sama berpengalaman di berbagai bidang,” pungkas Indira.
Juru bicara pasangan nomor urut dua Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman), Moh Fadli Noer mengemukakan bahwa pihaknya tidak punya persiapan khusus untuk pelaksanaan debat besok.
“Tidak ada persiapan khusus. Visi misi Appi-Rahman sangat visioner, namun tidak bombastis sehingga mudah dipaparkan ke publik. Pak Appi dan Pak Rahman selama masa kampanye juga setiap hari melakukan sosialisasi visi misi tersebut,” jelas Fadli yang juga ketua PSI Sulsel ini, Kamis (5/11).
Pasangan nomor urut tiga, Syamsu Rizal MI-dr Fadli Ananda (Dilan) tengah melakukan simulasi debat. “Jadi persiapan kita sudah matang. Dari segi materi nanti dan segala keperluan debat telah dipersiapkan. Yang utama perkuat pengadaan visi misi Dilan selama ini,” ujar juru bicara Dilan Sitti Misbach.
Untuk pasangan nomor urut empat Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Halid (Imun), juga mengaku tidak punya persiapan khusus. Karena jauh sebelumnya pasangan ini paham dengan visi-misi dan apa yang akan dikerjakan jika terpilih sebagai wali kota dan wakil wali kota. Termasuk program-program apa yang akan dilaksanakan nantinya.
“Artinya untuk persiapan khusus tidak ada. Kalau soal materi, sudah matang. Sudah dikuasai,” ungkapnya jubir Imun, Muwafik saat dihubungi, Kamis (5/11).
Persiapan yang dilakukan lebih pada menjaga kekompakan, dan strategi menjawab pertanyaan maupun menjelaskan visi misi pasangan Imun. Hal itu mengingat durasi waktu yang diberikan cukup singkat.
“Persiapannya lebih kepada jaga kekompakan. Pembagian waktu berbicara. Karena sama-sama enjoy. Terlihat jauh lebih kompak,” tandasnya.

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini