Connect with us

Headline

Empat Paslon Pilwali Siap Debat

Besok, KPU Makassar Gelar di Jakarta

-

Debat di Gammara Hotel

Untuk pemilihan bupati (pilbup) Bulukumba, KPU akan memperketat pengamanan pada tiga kali acara debat. Adapun lokasi debat di Kota Makassar yakni Gammara Hotel. Pelaksanannya Jumat (6/11) pukul 19.30 Wita sampai selesai.
Ketua KPU Kabupaten Bulukumba Kaharuddin menjelaskan, salah satu metode penyampaian visi misi dan program kampanye kandidat adalah melalui debat kandidat atau publik.
Adapun pelaksanaan debat nanti, lanjut Kaharuddin, tentu tetap mengedepankan protokol kesehatan. Mulai dari jaga jarak, cuci tangan, hingga pakai masker.
Apalagi, berdasarkan Peraturan KPU nomor 6 yang telah diubah menjadi Nomor 10 tahun 2020 terkait dengan pelaksanaan pilkada di masa pandemi dengan melaksanakan protokol covid 19.
Terkait keputusan KPU mengenai teknis debat, pihaknya akan memperketat pengamanan. Khususnya mereka yang bisa hadir dan masuk ke dalam ruangan.
“Kita berharap tidak ada pengerahan massa dari masing-masing paslon sesuai ketentuan yang ada,” kata Kaharuddin, kemarin.
Berdasarkan ketentuan yang diatur bahwa peserta yang bisa hadir dalam ruangan debat masing-masing paslon, empat orang dari tim paslon, dua dari Bawaslu, Forkopimda yang meliputi bupati Bulukumba, pihak kejaksaan, pengadilan, perwakilan Polres Bulukumba, DPRD Bulukumba, Dandim 1411 Bulukumba, Kesbangpol Bulukumba, dan komisioner KPU Sulsel, serta undangan lainnya.
“Jadi, diperkirakan dalam ruangan berjumlah paling banyak 50 orang, yang mencakup peserta dan undangan. Itupun mereka harus memakai id card, ” jelasnya.
Terkait pengamanan di lokasi debat, menurut Kaharuddin, pihak KPU Bulukumba sudah berkoordinasi dengan Polres Bulukumba. Termasuk Polrestabes Makassar dan Polda Sulsel.
“Yah, karena debatnya di gelar di Makassar, tentu Polres Bulukumba berkoordinasi dengan Polrestabes Makassar. Termasuk Polda Sulsel untuk melakukan pengamanan,” katanya.
Untuk pelaksanaan debat kandidat paslon bupati dan wakil bupati Bulukumba akan disiarkan langsung salah satu televisi swasta lokal. Debat perdana ini juga dapat disaksikan langsung lewat streaming di aplikasi. Termasuk juga di beberapa akun media sosial.
Terkait taerget KPU menggelar debat, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel Syaiful Jihad, mengatakan tujuan kampanye debat publik adalah agar masyarakat dapat teredukasi, mendapatkan perspektif yang lebih jelas tentang visi misi dan program. “Harapannya masyarakat dapat mengakses dan mendengarkannya,” ujarnya. (jun-ita-rhm)

Laman: 1 2 3

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini