Metro

Himsena Unhas Gelar Webinar Nasional, Plt Kadisnak dan Keswan Beri Hadiah Peserta Paling Aktif


Pengurus Himsena foto bersama usai melaksanakan webinar nasional tentang peternakan, Sabtu (14/11/2020).

MAKASSAR, BKM — Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan (Himsena) Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan webinar nasional, Sabtu (14/11/2020).

Pada webinar bertema “Prospek Usaha Peternakan Sebagi Pilar Swasembada Pangan” ini, sejumlah pemateri ikut berbagi ilmu pengetahuan. Bahkan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof Dr Ir Lellah Rahim, MSc, IPU.

Para pemateri tersebut adalah Dr. Drh. Agus Susanto M. Si (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Kementerian Pertanian RI), Dr. Reza Abdul Jabbar. M. App. Sc. (Owner Large Scale Dairy Farm Rural Practice Trust New Zealand), Dr. Ir. Aslina Asnawi, S.Pt., M.Si., IPM (Ketua Departemen Sosial Ekonomi Peternakaan, Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin) dan Dr. Ir. H. Abdul Muas, M.Si, IPU (Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan).

Kegiatan ini dipandu Zulfiqih Matra Palompai dengan MC Dayfah Dinasarki. Dalam pemaparannya, webinar ini bertujuan sebagai upaya mendukung swasembada pangan untuk meningkatkan ketersediaan dan ekspor pangan, meningkatkan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Ketua Himsena Unhas dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan melihat adanya ketidakseimbangan antara sumberdaya alam yang dimiliki Indonesia dengan hasil swasembada pangan khususnya daging merah.

Untuk itu, kata dia, masalah ini perlu dikaji dalam webinar ini dengan hadirnya pemateri-pemateri yang ahli dalam bidangnya.

Di samping itu, lanjutnya, kegiatan ini juga merupakan program kerja unggulan dari Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan Universitas Hasanuddin.

Webinar nasional berlangsung lancar. Peserta seminar maupun pemateri sangat antusias mengikuti kegiatan webinar ini. Terbukti peserta sangat proaktif saat sesi tanya jawab.

Salah satu peserta webinar yang antusias pun dihadiahi pelatihan Inseminasi Buatan dalam waktu dekat oleh Plt Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kadisnak Keswan) Pemprov Sulsel, Abdul Muas.

Dr. Reza Abdul Jabbar pun menegaskan bahwa webinar kali ini memiliki euphoria yang berbeda.

“Diantara webinar yang pernah mengundang saya sebagai narasumber, webinar kali ini yang paling nyambung sehingga saya semakin terkesan dan bersemangat,” tuturnya.

Dr Reza mengatakan,  sektor peternakan perlu diperhitungkan dan difokuskan dengan baik karena memiliki potensi yang sangat mumpuni.

Dr. Reza Abdul Jabbar meminta untuk mahasiswa yang ingin magang di tempatnya agar serius sehingga bisa beradaptasi dengan kondisi peternakan di New Zealand. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.