Metro

Kolaborasi ORW 015, Pengurus, dan MT Gelar Kerja Bakti Bersihkan Masjid Darussalam


Foto bersama usai kerja bakti membersihkan Masjid Darussalam di ORW 015 Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

MAKASSAR, BKM — Kolaborasi dan kekompakan diperlihatkan pengurus ORW 015, para ketua ORT, pengurus Masjid Darussalam, majelis taklim (MT), dan warga sekitar. Mereka bersama-sama menggelar kerja bakti membersihkan lingkungan yang berlokasi di Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Terutama di bagian dalam dan pekarangan Masjid Darussalam.

Ketua ORW 015 Zainal Arifin terlibat langsung dalam kegiatan ini. Ia berbaur melakukan pembersihan. Semuanya berkomitmen akan kepedulian terhadap kebersihan masjid yang rutin ditempatinya menunaikan ibadah.

Ketua Pengurus Masjid Darussalam terpilih periode 2020-2025 H Abdul Karim Bella juga turun bersama bekerja bakti. Para ketua ORT juga ikut terlibat. Masing-masing Ketua ORT 001 Ipda Amiruddin,SH, Ketua ORT 002 Djassaria,SH, dan Ketua ORT 004 Drs Ilham Azis. Sementara Ketua ORT 003 Dr Lasundra, MHum meminta izin dan tidak sempat hadir karena bertepatan dengan acara keluarga di Kabupaten Soppeng.

Kerja bakti dimulai tepat pukul 06.00–10.00 Wita. Usai bersih-bersih, selanjutnya jamaah dan warga yang hadir mencicipi kuliner yang disiapkan oleh pengurus dan anggota majelis taklim. Ada penganan kue tradisional beserta berbagai minuman ringan serta bubur manado. Kerja bakti berlangsung secara santai namun kompak disertai senda gurau dari para jamaah dan warga yang hadir.

Ketua ORT 001/ORW 015 Ipda Amiruddin, mengatakan kolaborasi dalam bentuk kerja bakti ini menandakan sebuah komitmen kebersamaan dan kekompakan dapat terjalin dengan baik, sekaligus mempererat tali persaudaraan serta memupuk silaturrahmi sesama warga. ”Ke depan kegiatan seperti ini dapat dijadwalkan secara berkala, agar warga dapat meluangkan waktu sedini mungkin guna bisa berpartisipasi dalam kerja bakti,” ujarnya.

Ketua Pengurus Masjid Darussalam terpilih H Abdul Karim Bella, kerja bakti yang melibatka pengurus majelis taklim dan anggota, pengurus masjid yang didukung oleh pemerintah setempat (RT/RW) adalah hal yang sepatutnya dilakukan. Karena memberikan dampak yang sangat positif, baik dari segi kebersihan mesjid dan sekitarnya, maupun dari segi kebersamaan di antara sesama jamaah/warga.

”Di sisi persatuan dan persaudaraan yang tulus akan mampak jika di antara kita bisa memaknai tujuan dari setiap pelaksanaan kegiatan. Termasuk kerja bakti seperti ini, yang bukan hanya semata-mata untuk kebersihan masjid dan sekitarnya. Namun yang terpenting adalah membangun kebersamaan, persatuan, kekompakan, dan persaudaraan antara warga Bumi Bosowa Permai dengan blok L Minasa Upa. Hal ini penting, karena keinginan kita semua sebagai warga yang bermartabat dan menjunjung tinggi peradaban yang Islami,” ujarnya.

Ketua ORW 015 Zainal Arifin, menyampaikan terima kasih dan rasa syukur atas persatuan dan persaudaraan, baik pengurus majelis taklim dan anggota, pengurus masjid maupun warga pada umumnya yang diwujudkan dalam bentuk kerja bakti di sekitar Masjid Darussalam.

”Kolaborasi yang ditampilkan antara pengurus majelis taklim dan anggota, pengurus masjid, dan RT/RW bersama warga adalah yang sepatutnya. Karena secara hierarki strukturalnya jelas, baik garis koordinasinya, garis kerjasamanya, maupun garis komandonya,” tanda pria yang juga dosen UNM ini. (rls)

Komentar Anda





Comments
To Top
.