Headline

Janji tak Dipenuhi, Massa Demo Semen Bosowa


Tuntut Lahannya segera Dibayar, Pemilik Pasang Papan Bicara

BARRU, BKM– Sekelompok menggelar aksi di kawasan pelabuhan milik PT Semen Bosowa di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Rabu (18/11). Mereka kemudian memasang papan bicara di lahan tersebut.
H Rusmanto Mansyur selaku pemilik lahan yang luasnya kurang lebih 5 hektare itu, mengaku sudah beberapa kali dijanji oleh pihak PT Semen Bosowa untuk dibayar. Namun hingga saat ini tak kunjung direalisasikan.
Rusmanto yang dikawal puluhan massa membawa spanduk dan poster dengan berbagai tulisan yang meminta agar haknya sebagai pemilik lahan dikembalikan. Aksi damai berlangsung di pintu masuk areal pelabuhan milik Semen Bosowa.
Di bawah pengawalan aparat Polsek Barru, para pendemo ini secara bergantian berorasi hingga akhirnya mereka diizinkan masuk ke kawasan lahan miliknya untuk memasang papan bicara.
Salah satu baliho berukuran besar yang dibawa pendemo bertuliskan; PT Semen Bosowa Harus Tunduk pada Hukum, Kembalikan Hak Kami. Sebelum menggelar demo, pemilik lahan H Rusmanto menyatakan dirinya sudah bertahun-tahun dijanji lahannya akan dibayarkan.
“Tapi sampai sekarang tidak pernah direalisasikan. Kasus penyerobotan lahan kami masih berlangsung sampai saat ini. Masalah ini sebenarnya sudah pernah dilaporkan ke Polres Barru, tetapi tidak pernah ada hasilnya,” cetus Rusmanto.
Rusmanto pun mengungkap adanya indikasi usaha untuk membatalkan sertifikat lahannya ke pihak ATR/BPN. “Langkah perusahaan ini seakan berusaha menggugurkan tanda bukti kepemilikan alas hak kami,” terangnya.
Terpisah, HRD PT Semen Bosowa Siawung Muhammad Arlian Haruna, dalam keterangannya menyatakan pihaknya sudah melaporkan ke pimpinan yang sedang mengikuti meeting di Makassar.
“Para pendemo yang datang tetap kita berikan ruang untuk masuk ke area lahan yang diklaim sebagai miliknya, dengan harapan mereka tidak mengganggu aktifitas perusahaan. Kasihan pekerja di sini kalau sampai terhalang kegiatannya karena kehidupan pekerja ada di sini,” kata Arlian. (udi/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.