Headline

Maling Uang Isi Kotak Amal Mengaku Terhimpit Ekonomi


BONE, BKM — Seorang maling spesialis uang isi kotak amal masjid di Kabupaten Bone akhirnya diringkus aparat Kepolisian Sektor Kajuara, yang diback up Satuan Resmob Polres Bone, Rabu malam (18/11). Dia adalah Rusli alias Elling bin Lambae (32), seorang petani warga Dusun Tana Cellae, Desa Ulu Balang, Kecamatan Kajuara.
Penangkapan Rusli berawal dari adanya laporan korban bernama Alimudin yang bekerja sebagai Imam Desa Masjid Jami Almujahidin Desa Padaelo, Kecamatan Kajuara.
Kanit Reskrim Polsek Kajuara Bripka Hadasri Halim, mengatakan bahwa identitas pelaku bisa cepat diketahui karena saat melakukan aksinya sempat terekam kamera CCTV masjid.
“Pencurian kotak amal di Masjid Jami Almujahidin terjadi pada hari Minggu, 15 November lalu. Pelaku mengambil uang isi kotak amal saat masjid dalam keadaan kosong. Kebetulan kotak amal tersebut lupa dikunci oleh pengurus masjid,” kata Hadasri.
Setelah mengetahui identitas pelaku, personel Reskrim Polsek Kajuara berkoordinasi dengan Resmob Polres Bone untuk menyusun strategi penangkapan pelaku.
“Saat kami mendatangi rumah pelaku, dia sedang tidak berada di tempat. Kami hanya menemukan kendaraan pelaku yang digunakan melakukan aksi pencurian. Keesokannya pelaku berhasil kita temukan dan mengamankannya,” terang Hadasri.
Saat diinterogasi penyidik, pelaku tidak membantah. Ia membenarkan bahwa dirinyalah yang mengambil uang isi kotak amal tersebut. Aksinya dilakukan seorang diri.
Bahkan tidak hanya di Masjid Jami Almujahidin dia melakukannya. Melainkan sudah ada beberapa masjid yang telah menjadi sasaran perbuatannya.
“Dari pengakuan tersangka, aksinya ini sudah dilakukan sebanyak lima kali di beberapa kecamatan. Bahkan pernah melakukan hal yang sama di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.
Bripka Hadasri juga menuturkan, bahwa motif pelaku melakukan aksinya karena terhimpit masalah ekonomi. Uang hasil curian dari kotak amal masjid digunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari, seperti rokok, bensin, dan lain-lainnya. Kadang juga uang tersebut diberikan ke istrinya. (*/rus)

Komentar Anda





Comments
To Top
.